RISK MANAGEMENT PADA PEKERJAAN PENGOPERASIAN DAN PERAWATAN PASSENGER HOIST JENIS SC 160/160 (Studi Kasus di Proyek Pengembangan Bandara Internasional Ngurah-Rai Bali (PPBIB) KSO Adhi - Wika)

Nadia Swasti Herdiyani, 100911101 (2013) RISK MANAGEMENT PADA PEKERJAAN PENGOPERASIAN DAN PERAWATAN PASSENGER HOIST JENIS SC 160/160 (Studi Kasus di Proyek Pengembangan Bandara Internasional Ngurah-Rai Bali (PPBIB) KSO Adhi - Wika). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proyek Pengembangan Bandara Internasional Ngurah Rai Bali adalah proyek konstruksi berskala besar di Indonesia yang dikerjakan oleh Kerja Sama Operasi (KSO) Adhi-Wika. Salah satu pekerjaan pendukung di proyek ini adalah pengoperasian dan perawatan passenger hoist jenis SC 160/160 yang memiliki potensi bahaya dan risiko yang harus dikendalikan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis risk management pada pekerjaan pengoperasian dan perawatan passenger hoist jenis SC 160/160 pada Proyek Pengembangan Bandara Internasional Ngurah Rai Bali (PPBIB) KSO Adhi-Wika. Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional yang dilakukan secara observasional dan dianalisis secara deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer berdasarkan wawancara dan observasi serta data sekunder yang diperoleh dari perusahaan. Penelitian dilakukan berdasarkan langkah kerja pengoperasian dan perawatan passenger hoist jenis SC 160/160. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identifikasi bahaya pada langkah kerja pengoperasian menghasilkan 45 potensi bahaya sedangkan pada perawatan menghasilkan 6 potensi bahaya. Penilaian risiko yang dilakukan pada pengoperasian menghasilkan 66 risiko dengan risiko terbanyak masuk kategori tinggi, sedangkan pada perawatan menghasilkan 17 risiko dengan risiko terbanyak masuk kategori rendah dan sedang. Pengendalian risiko yang dilakukan didasarkan pada hierarki dan strategi pengendalian. Perhitungan risiko sisa pada pengoperasian menghasilkan 12 risiko sisa, sedangkan perawatan menghasilkan 4 risiko sisa. Saran yang diberikan yaitu melakukan perbaikan terhadap risiko sisa dengan pengendalian yang sesuai, membuat dan memberikan sosialisai SOP yang disesuaikan manual book dan JSA, melakukan risk management secara berkala, dan mempertimbangkan kelengkapan surat dan standar keselamatan ketika menyewa peralatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 88/13 Her r
Uncontrolled Keywords: risk management
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Nadia Swasti Herdiyani, 100911101UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Sulaksmono, , dr., M.S., M.PH, Sp. Ok.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 07 Nov 2013 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 18:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23129
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item