PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES PADA PEMBUATAN KERUPUK OLAHAN HASIL LAUT DI USAHA KECIL MENENGAH SENTRA OLAHAN HASIL LAUT, SUKOLILO (Studi Di UD. Deni - Deva, Sukolilo, Surabaya)

TRIESTY ANGGRAINI, 100911009 (2013) PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES PADA PEMBUATAN KERUPUK OLAHAN HASIL LAUT DI USAHA KECIL MENENGAH SENTRA OLAHAN HASIL LAUT, SUKOLILO (Studi Di UD. Deni - Deva, Sukolilo, Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Good Manufacturing Practices (GMP) menjelaskan persyaratanpersyaratan yang harus dipenuhi oleh industri rumah tangga di seluruh mata rantai produksi mulai dari bahan baku sampai produk akhir. GMP sangat berguna bagi kelangsungan hidup industri pangan baik yang berskala kecil, sedang, maupun berskala besar. Produk perikanan menjadi kontributor kasus keracunan nasional akibat makanan. Salah satu produk perikanan adalah kerupuk. “Deni – Deva” merupakan salah satu merek kerupuk olahan hasil laut yang diproduksi di Usaha Kecil Menengah Sentra Olahan Hasil Laut, Sukolilo, Surabaya. Desain penelitian ini adalah observasional deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penerapan Good Manufacturing Practices pada pembuatan kerupuk olahan hasil laut dengan merek “Deni – Deva”. Kerupuk yang dipilih adalah kerupuk teripang, terung, dan kentang udang. Proses pembuatan kerupuk teripang, terung, dan kentang udang merek “Deni – Deva” belum menerapkan 8 aspek GMP secara tepat, terbukti dari hasil penilaian yang menyatakan bahwa penerapan GMP pada pembuatan kerupuk teripang dan terung termasuk buruk (53,02% dan 54,88%), sedangkan pada kentang udang termasuk kurang baik (57,48%). Aspek yang memperoleh kategori nilai kurang baik dan perlu diperbaiki adalah aspek desain dan fasilitas ruang produksi, pemeliharaan sarana pengolahan dan kegiatan sanitasi, serta pencatatan administratif dan penarikan produk. Pembuatan kerupuk teripang, terung, dan kentang udang belum sepenuhnya menerapkan prinsip Good Manufacturing Practices. Oleh karena itu, diperlukan upaya peningkatan pengawasan mutu kerupuk olahan hasil laut merek “Deni – Deva” melalui aspek higiene perorangan penjamah kerupuk, pemeliharaan sarana pengolahan, kegiatan sanitasi, dan pencatatan proses produksi secara rutin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 100/13 Ang p
Uncontrolled Keywords: shrimp potatoes crackers
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
TRIESTY ANGGRAINI, 100911009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRirih Yudhastuti, Dr. , drh., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 08 Nov 2013 12:00
Last Modified: 15 Aug 2016 02:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23141
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item