PEMILIHAN SUPPLIER DENGAN METODE TOPSIS FUZZY MCDM DAN SAW FUZZY MCDM PADA SUPPLIER ISP PANDAAN.NET

RIFYANU FITRA BUDIMAN, 040510469 (2009) PEMILIHAN SUPPLIER DENGAN METODE TOPSIS FUZZY MCDM DAN SAW FUZZY MCDM PADA SUPPLIER ISP PANDAAN.NET. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-budimanrif-11574-b8609-k.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-budimanrif-10577-b8609.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Meningkat pesatnya persaingan di dunia industri, mengakibatkan perusahaan senantiasa berada di bawah tekanan yang sangat besar untuk menemukan cara untuk mengoptimalkan segala sumber daya yang dimilikinya. Pemilihan supplier memegang peranan penting dalam usaha tersebut. Ada banyak metode dalam pengambilan keputusan dalam pemilihan supplier dan penulis menggunakan metode Fuzzy MCDM dengan metode pengambilan keputusannnya dengan TOPSIS dan SAW. MCDM digunakan karena tidak ada keterkaitan hubungan antara tiap kriteria dan MCDM bisa digunakan untuk kriteria yang saling berlawanan maupun kriteria yang saling memperkuat. Fuzzy digunakan untuk mewakili jawaban para pengambilan keputusan yang bersifat subyektif dan diwakili dalam variabel linguistik dan variabel numerik. Dalam metode TOPSIS, penulis akan mengukur jarak tiap nilai fuzzy yang ada di dalam MCDM baik dari solusi fuzzy ideal positif maupun solusi fuzzy ideal negatif. Lalu alternatif yang paling dekat dengan solusi fuzzy ideal positif dan paling jauh dengan solusi fuzzy ideal negatif secara simultan yang akan dipilih. Selain itu penulis akan menggunakan metode SAW sebagai pembanding dari hasil yang diperoleh dengan metode TOPSIS. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan supplier terbaik dengan cara merangking beberapa alternatif supplier berdasarkan kriteria-kriteria pemilihan supplier yang telah ditetapkan sebelumnya oleh para pengambilan keputusan. Penelitian ini dilakukan di Pandaan.net yang merupakan sebuah tempat multiplayer game dan warnet dengan mengambil obyek penelitiannya adalah perusahaan penyedia jasa internet (ISP). Permasalahan dalam pemilihan supplier ini adalah sulitnya untuk menentukan supplier terbaik berdasarkan banyak pertimbangan kriteria. Fuzzy Multi Criteria Decision Making (MCDM) dipergunakan untuk melakukan penilaian skala numerik dan linguis, sedangkan untuk melakukan perangkingan terhadap supplier dipergunakan metode SAW (Simple Additive Weighting Method) dan TOPSIS (Technique for Order Prefrence by Similarity to Ideal Solution). Dari hasil pengolahan dan analisa data disimpulkan bahwa supplier terbaik untuk internet adalah TelkomSpeedy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 86 / 09 Bud p
Uncontrolled Keywords: Fuzzy Multi Criteria Decision Making (MCDM), SAW (Simple Additive Weigting Method), TOPSIS (Technique for Orde Prefrence by Similarity to Ideal Solution). Pemilihan supplier.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
RIFYANU FITRA BUDIMAN, 040510469UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIndrianawati Usman, Dr., Hj., S.E., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 06 Apr 2010 12:00
Last Modified: 28 Sep 2016 01:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2315
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item