HUBUNGAN PENERAPAN 4 PILAR PENGENDALIAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DENGAN RERATA KADAR GULA DARAH DI PUSKESMAS PACARKELING SURABAYA

NURLAILI HAIDA KURNIA PUTRI, 101111116 (2013) HUBUNGAN PENERAPAN 4 PILAR PENGENDALIAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DENGAN RERATA KADAR GULA DARAH DI PUSKESMAS PACARKELING SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini perhatian penyakit tidak menular semakin meningkat. Dari sepuluh penyebab utama kematian, dua diantaranya adalah penyakit tidak menular. Salah satunya Diabetes Mellitus merupakan penyakit tidak menular yang mengalami peningkatan terus menerus dari tahun ke tahun. Dengan adanya permasalahan tersebut, dilakukan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya hubungan penerapan 4 pilar pengendalian Diabetes Mellitus dengan rerata kadar gula darah. Peneliti menggunakan penelitian observasional, dengan studi cross sectional. Sampel yang digunakan pada penderita diabetes lama yang melakukan pemeriksaan gula darah 3 kali secara berturut-turut. Dimana di dapatkan 53 responden, peneliti melakukan wawancara dengan bantuan kuesioner untuk mengumpulkan data, serta dilakukan analisis menggunakan Chi Square untuk mengetahui hubungan pada masing-masing variabel yang diteliti. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah rerata kadar gula darah, sedangkan variabel bebasnya adalah penyerapan edukasi, pengaturan makan, olahraga, kepatuhan pengobatan. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan penyerapan eedukasi dengan rerata kadar gula darah (p = 0,031). Dan ada hubungan antara pengaturan makan dengan rerata kadar gula darah (p = 0,002). Pada variabel berikutnya, ada hubungan olahraga dengan rerata kadar gula darah (p = 0,017). Dan ada hubungan kepatuhan pengobatan dengan rerata kadar gula darah (p = 0,003). Berdasarkan dari hasil analisis, kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat hubungan di semua variabel. Dengan penyerapan edukasi yang baik, pengaturan makan, olahraga, dan kepatuhan pengobatan mempunyai dampak menstabilkan glukosa darah dan meningkatkan kualitas hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 109/13 Put h
Uncontrolled Keywords: diabetes mellitus
Subjects: R Medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
NURLAILI HAIDA KURNIA PUTRI, 101111116UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Martiana, Prof. Dr. , dr., M.S.,UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 08 Nov 2013 12:00
Last Modified: 19 Aug 2016 06:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23150
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item