EVALUASI FAKTOR ERGONOMI TERHADAP STASIUN KERJA PENGRAJIN BATIK TULIS DI INDUSTRI BATIK TULIS AMRI JAYA SIDOARJO

WAHYU AJI TRI PAMUNGKAS, 100810415 (2013) EVALUASI FAKTOR ERGONOMI TERHADAP STASIUN KERJA PENGRAJIN BATIK TULIS DI INDUSTRI BATIK TULIS AMRI JAYA SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Stasiun kerja merupakan salah satu aspek dalam bekerja yang mempunyai pengaruh besar terhadap peningkatan produktivitas dalam suatu perusahaan. Pengaturan stasiun kerja yang baik, diantaranya adalah tempat kerja yang bebas dari potensi bahan kimia dan fisik serta memiliki faktor bahaya dalam batas yang diperkenankan akan dapat meningkatkan efisiensi kerja dan menekan munculnya kelelahan kerja secara dini. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi faktor ergonomi dalam pemodelan stasiun kerja pada pengrajin batik tulis Amri Jaya Kota Sidoarjo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif observasional dengan rancangan potong lintang. Sampel penelitian adalah pengrajin batik yang berjumlah 15 orang. Variabel dalam penelitian adalah antropometri, sikap kerja, dan keluhan subjektif dengan menggunakan metode Nordic Body Map, jenis kelamin, dan umur. Instrumen yang digunakan adalah checklis ergonomi dan kuisioner. Analisis data secara deskriptif melalui analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua umur pengrajin batik adalah > 35 tahun dan jenis kelamin terbanyak adalah perempuan. Pada faktor stasiun kerja tidak ada sandaran punggung (100%), tidak ada bahan material lunak untuk lapisan duduk (80%), tinggi tempat duduk (73.33%), kedalaman tempat duduk (86.67%) dan lebar tempat duduk (60%) tidak sesuai antropometri, terdapat keluhan subjektif meliputi keluhan pantat (80%), keluhan bahu (93.33%), keluhan pinggang (80%), keluhan lengan atas 86.67%, keluhan leher (100%), keluhan lengan bawah (86.67%) dan keluhan punggung sebesar (86.67%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengrajin batik tulis Industri batik tulis Amri Jaya Sidoarjo mengalami banyak keluhan karena stasiun kerja yang tidak nyaman dan belum memenuhi standar. Saran dari penelitian ini adalah perbaikan desain ulang pada stasiun kerja di Industri batik tulis Amri Jaya Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 117/13 Pam e
Uncontrolled Keywords: work stations
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
WAHYU AJI TRI PAMUNGKAS, 100810415UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMulyono, , S.KM.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 19 Nov 2013 12:00
Last Modified: 19 Aug 2016 05:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23157
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item