HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA(Studi pada Pekerja Bagian Linting di Home Industry Rokok di Desa Jatipuro, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi)

IQSAL YANUAR DWI FIANDA, 100911109 (2013) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA(Studi pada Pekerja Bagian Linting di Home Industry Rokok di Desa Jatipuro, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-fiandaiqsa-28216-7.abstr-k(1).pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cukai dari tembakau rokok merupakan sumber devisa bagi Indonesia. Produksi rokok tidak hanya dilakukan oleh perusahaan besar, namun juga dilakukan oleh home industry yang merupakan bentuk usaha informal. Sektor informal memiliki tingkat produktivitas yang rendah. Produktivitas kerja berhubungan dengan faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik individu dengan produktivitas kerja. Desain penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada 40 pekerja sebagai responden, yang telah dipilih secara acak (simple random sampling). Uji korelasi Spearman digunakan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara karakteristik individu (umur, jumlah tanggungan keluarga, tingkat pendidikan, dan masa kerja) dengan produktivitas kerja. Data diperoleh dari wawancara dan pengukuran. Hasil penelitian adalah frekuensi responden terbanyak berumur > 25-30 tahun (55%), memiliki 1 orang anak (82,5%), dengan riwayat pendidikan tamat SMP (55%), dan memiliki masa kerja > 2-3 tahun (45%). Uji korelasi Spearman menunjukkan bahwa umur, jumlah tanggungan keluarga, dan tingkat pendidikan tidak berhubungan dengan produktivitas kerja, namun terdapat hubungan antara variabel masa kerja produktivitas kerja (p<0,05). Kesimpulan yang dapat diambil adalah tidak ada hubungan antara umur, jumlah tanggungan keluarga, dan tingkat pendidikan dengan produktivitas kerja. Namun, terdapat hubungan antara masa kerja dengan produktivitas kerja. Disarankan kepada pemilik home industry untuk memberi penghargaan serta menerapkan hukuman agar pekerja lebih termotivasi dan disiplin sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 121/13 Fia h
Uncontrolled Keywords: labor productivity
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
IQSAL YANUAR DWI FIANDA, 100911109UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMulyono, , S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 19 Nov 2013 12:00
Last Modified: 22 Aug 2016 01:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23162
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item