FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERAN AKTIF KADER POSYANDU DALAM PENCAPAIAN UCI KELURAHAN (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Mojo Surabaya)

IDA BAGUS MADE DWI INDRAWAN, 100911187 (2013) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERAN AKTIF KADER POSYANDU DALAM PENCAPAIAN UCI KELURAHAN (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Mojo Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pencapaian UCI di wilayah kelurahan puskesmas Mojo Surabaya selama tahun 2008 – 2012 belum memenuhi target 100% UCI kelurahan. Keberhasilan pencapaian UCI di puskesmas salah satunya bergantung dari bagaimana peran kader secara aktif melakukan penyuluhan dan memberikan motivasi kepada ibu – ibu bayi agar mau mengimunisasi anaknya. Akan tetapi,sangat jarang kader yang mampu melaksanakan perannya dalam penyuluhan dan pemberian motivasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis faktor yang berhubungan dengan peran aktif kader dalam pencapaian UCI Kelurahan. Penelitian ini bersifat observasional analitik, dengan pendekatan cross sectional. Besar sampel yang diambil sejumlah 63 kader yang diambil dengan menggunakan sistem strata random sampling dari dua kelurahan yang berbeda yaitu kelurahan UCI dan kelurahan Non UCI. Variabel bebas penelitian ini adalah usia, tingkat pendidikan kader, lama sebagai kader, pekerjaan kader, pengetahuan, sikap, keterjangkuan posyandu dan dukungan keluarga. Analisis hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat menggunakan uji chisquare Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara variabel pengetahuan dan dukungan keluarga dengan peran aktif kader. Hubungan yang bermakna ( p<0,05) antara tingkat pengetahuan dengan peran aktif kader dalam pencapaian UCI kelurahan ditunjukkan melalui nilai p = 0,000. Selain variabel pengetahuan, variabel dukungan keluarga juga menunjukkan hubungan yang bermakna dengan peran aktif kader yang ditunjukkan dengan nilai p = 0,001. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi tingkat pengetahuan kader maka kader akan lebih berperan aktif dalam melakukan penyuluhan dan pemberian motivasi sehingga membantu tercapaianya 100% UCI kelurahan. Semakin kader mendapatkan dukungan dari keluarga, maka kader juga akan berperan aktif dalam setiap kegiatan posyandu. Sangat diperlukan pemantuan secara berkesinambungan selama kegiatan posyandu dari berbagai pihak untuk melihat apakah kader aktif menjalankan perannya selama kegiatan posyandu. Diperlukan juga refreshing kader secara berkala untuk menambah pengetahuan kader.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 125/13 Ind f
Uncontrolled Keywords: factors that related
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
IDA BAGUS MADE DWI INDRAWAN, 100911187UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorChatarina.U.W., Prof.Dr., dr.,M.S,M.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 19 Nov 2013 12:00
Last Modified: 22 Aug 2016 03:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23166
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item