EFEKTIFITAS LOCAL EXHAUST VENTILATION (LEV) DI RUANG RING FRAME BAGIAN PEMINTALAN BENANG (SPINNING I)DI PT. LOTUS INDAH TEXTILE SURABAYA.

FATICH BAGUS SULISTIONO, 101111344 (2013) EFEKTIFITAS LOCAL EXHAUST VENTILATION (LEV) DI RUANG RING FRAME BAGIAN PEMINTALAN BENANG (SPINNING I)DI PT. LOTUS INDAH TEXTILE SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Debu kapas merupakan salah satu bahan pencemar pada industry tekstil yang dapat memicu risiko timbulnya penyakit bisinosis. Perlu dilakukan upaya pengendalian dalam mengurangi kadar debu kapas dilingkungan kerja dengan memasang Local Exhaust Ventilation (LEV). Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari efektifitas LEV dalam mengurangi kadar debu di ruang ring frame. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif evaluatif dengan pendekatan cross sectional. Data primer dikumpulkan dengan cara observasi, pengukuran kadar debu dan wawancara. Objek penelitian ini adalah LEV di ruang ring frame di bagian pemintalan (spinning I) PT. Lotus Indah Textile Surabaya. Data yang diambil dan dikumpulkan akan disajikan dalam bentuk tabel kemudian hasil pengolahan data yang ada akan disajikan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruang ring frame merupakan ruangan yang mempunyai kadar debu paling banyak dari pada ruangan yang lain, karena terdapat suatu proses yang membutuhkan putaran yang cepat saat melakukan puntiran dalam pembentukan benang. Gambaran bagian dari LEV yang terpasang di ruang ring frame antara lain hood belum sesuai karena berbentuk persegi, Duct yang terpasang belum sesuai karena berbentuk persegi dan elbow yang ada juga belum sesuai. Air cleaner yang digunakan berjenis bag filter dan fan yang digunakan berjenis sentrifugal fan. Pengukuran kadar debu sebelum LEV dinyalakan, terukur kadar debu di titik sebelah kiri mesin sebesar 0,11 mg/m3, titik diantara 4 mesin kanan dan 4 mesin sebelah kiri sebesar 0,67 mg/m3 dan titik di sebelah kanan mesin sebesar 1,56 mg/m3. Pengukuran kadar debu sesudah LEV dinyalakan, terukur kadar debu di titik sebelah kiri mesin sebesar 0,11 mg/m3, titik diantara 4 mesin kanan dan 4 mesin sebelah kiri sebesar 0,11 mg/m3 dan titik di sebelah kanan mesin sebesar 0,33 mg/m3. Berdasarkan hasil pengukuran, LEV yang telah terpasang pada ruang ring frame di bagian pemintalan (spinning I) adalah efektif dalam mengurangi kadar debu. Disarankan untuk pihak management perusahaan lebih memperhatikan kondisi LEV khususnya hood yang terpasang didinding pada ruang ring frame, hendaknya dibuatkan dalam bentuk membulat dan belokan duct dibuat sedemikian rupa sehingga tidak terlalu tajam atau menyiku. Selain itu kesadaran terhadap masalah K3 dan pemakaian APD khususnya masker harus ditingkatkan dengan pembinaan secara intensif melalui penyuluhan dan pelatihan. Namun pengawasan dan perawatan pada LEV sebaiknya terus dijaga agar kadar debu yang ada dilingkungan kerja tetap dibawah NAB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 136/13 Sul e
Uncontrolled Keywords: effectiveness, LEV, cotton dust
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
FATICH BAGUS SULISTIONO, 101111344UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSho’im Hidayat, , dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 19 Nov 2013 12:00
Last Modified: 23 Aug 2016 04:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23177
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item