PENGARUH PAPARAN ASAP ROKOK DI RUMAH PADA WANITA TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI(Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Mulyorejo Kota Surabaya)

LINA NURWIDAYANTI, 100911007 (2013) PENGARUH PAPARAN ASAP ROKOK DI RUMAH PADA WANITA TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI(Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Mulyorejo Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
23183.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit kardiovaskuler yang menyebabkan 20-50% dari seluruh kematian. Salah satu faktor risiko hipertensi adalah merokok. Merokok tidak hanya berdampak pada perokok tetapi juga pada orang disekitarnya sebagai perokok pasif. Komponen racun yang ditemukan dalam asap rokok mainstream ditemukan pula dalam asap rokok lingkungan (sidestream), kadang dalam konsentrasi yang lebih tinggi. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh paparan asap rokok di rumah pada wanita terhadap kejadian hipertensi. Penelitian menggunakan desain kasus-kontrol terdiri dari 42 kasus dan 42 kontrol dengan rasio 1:1 diambil dengan metode systematic random sampling. Variabel dependent adalah kejadian hipertensi sedangkan variabel independent terdiri dari: karakteristik responden, status perokok pasif, hubungan keluarga, jenis rokok, jumlah perokok, lama terpapar asap rokok, jumlah rokok, lokasi merokok dan reaksi perokok pasif dianalisis dengan regresi logistic sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan karakteristik umur > 40 tahun (CI 95%: 1,723-14,256; OR=4,96) dan pendidikan (CI 95%: 0,309-0,807; OR=0,50) berpengaruh terhadap kejadian hipertensi. Pada variabel paparan asap rokok di rumah pada wanita tidak ditemukan pengaruhnya terhadap kejadian hipertensi karena nilai Confidence Interval (CI 95%) melewati angka 1. Nilai Population Atribute Risk=0,27, berarti 27% kejadian hipertensi pada wanita dapat dicegah dengan menghilangkan faktor risiko paparan asap rokok. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh paparan asap rokok di rumah pada wanita terhadap kejadian hipertensi, namun pada penelitian lain telah dibuktikan bahwa merokok pasif adalah faktor risiko kejadian hipertensi, sehingga upaya pencegahan dan penanggulangan hipertensi melalui kampanye bahaya asap rokok perlu dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 143/13 Nur p
Uncontrolled Keywords: hypertension , secondhand smoke
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
LINA NURWIDAYANTI, 100911007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorChatarina U, Prof. Dr. . W., dr., M.S.,UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 19 Nov 2013 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 21:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23183
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item