KECELAKAAN KERJA DAN UPAYA PENCEGAHANNYA PADA PENGRAJIN PENGUPAS KULIT KERANG DI DESA BLURU KIDUL KECAMATAN SIDOARJO

BASTIAN SETIA DHARMAWAN, 101111308 (2013) KECELAKAAN KERJA DAN UPAYA PENCEGAHANNYA PADA PENGRAJIN PENGUPAS KULIT KERANG DI DESA BLURU KIDUL KECAMATAN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sektor informal merupakan kelompok kerja yang belum mendapatkan perlindungan yang sewajarnya. Dampak buruk dari pekerjaan yang tidak terlindungi ialah kecelakaan kerja. Kecelakaan kerja ialah suatu kejadian kecelakaan yang berkaitan dengan pekerjaan yang tidak dikehendaki yang dapat menimbulkan kerugian baik benda maupun jiwa manusia. Di desa Bluru Kidul Sidoarjo terdapat pekerja sektor informal berupa pengrajin pengupas kulit kerang yang bekerja dengan peralatan berbahaya yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecelakaan kerja yang terjadi pada pengrajin pengupas kulit kerang dan upaya pencegahannya di Bluru Kidul Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional. Populasi responden penelitain ini ialah para pengrajin pengupas kulit kerang yang tinggal di sepanjang bantaran sungai Bluru desa Bluru Kidul Sidoarjo. Sampel dalam penelitian ini ialah total populasi yang berjumlah 22 orang. Variabel yang diteliti adalah karakteristik tenaga kerja (umur, jenis kelamin, pendidikan, masa kerja, lama jam kerja), macam kecelakaan, penyebab kecelakaan, upaya pencegahan, dan tindakan pengobatan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan 100% responden berjenis kelamin perempuan dengan 31,81% berusia 30-39 tahun, 81,81% tamat SD, 45,45% telah bekerja 1-5 tahun. 100% responden pernah mengalami kecelakaan kerja, yaitu 77,28% terkena kulit kerang, 59,1% teriris, 59,1% tertusuk, dan 36,36% tergores alat. Yang disebabkan oleh tidak berhati-hati, lelah, dan tergesa-gesa. Belum ada upaya pencegahan kecelakaan yang dilakukan responden. Tindakan pengobatan yang dilakukan oleh 95,45% responden ialah mengobati lukanya sendiri. Untuk mencegah kecelakaan kerja disarankan bagi pemerintah memberikan penyuluhan K3. Bagi pengrajin untuk memodifikasi alat agar aman. Bagi juragan serta kades agar memperhatikan para pengrajin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 150/13 Dha k
Uncontrolled Keywords: workplace accidents, skinner shells
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
BASTIAN SETIA DHARMAWAN, 101111308UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMulyono, , S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 25 Nov 2013 12:00
Last Modified: 24 Aug 2016 02:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23191
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item