FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IBU TERHADAP KETIDAKIKUTSERTAAN BATITA PADA SUB PIN DIFTERI (Studi di Kelurahan Sukolilo Kota Surabaya Tahun 2013)

NICHOLAS FRANSIDA SWARDANA (2013) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IBU TERHADAP KETIDAKIKUTSERTAAN BATITA PADA SUB PIN DIFTERI (Studi di Kelurahan Sukolilo Kota Surabaya Tahun 2013). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
23199.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sub Pekan Imunisasi Nasional Difteri 2013 merupakan kegiatan imunisasi tambahan difteri serentak di 19 kabupaten/kota sebagai upaya untuk menanggulangi kejadian luar biasa difteri di Jawa Timur. Hasil cakupan Sub PIN Difteri tahun 2012 di Kelurahan Sukolilo Kota Surabaya pada batita (2-36 bulan) tidak memenuhi target. Salah satu penyebab tidak tercapainya target cakupan karena banyak sasaran yang tidak ikutserta. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi ibu terhadap ketidakikutsertaan batita pada Sub PIN Difteri. Penelitian dilakukan dengan rancangan case control dengan pendekatan observasional analitik. Wawancara dilakukan dengan bantuan lembar kuesioner pada 90 ibu yang mempunyai batita. Subjek ditarik dari populasi dengan cara simple random sampling. Variabel bebas penelitian adalah umur ibu, tingkat pendidikan ibu, pekerjaan ibu, jumlah anak, tingkat pengetahuan ibu, sikap ibu, dukungan suami, dukungan masyarakat, dan paparan informasi. Analisis statistik yang digunakan adalah regresi logistik ganda dengan derajat kemaknaan α < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh terhadap ketidakikutsertaan ibu untuk mengimunisasikan batita pada Sub PIN Difteri secara berurutan adalah sikap ibu kurang (p = 0,000), tingkat pengetahuan ibu kurang (p = 0,005), suami tidak mendukung (p = 0,047), dan tidak mendapat informasi (p = 0,018). Sedangkan umur ibu, tingkat pendidikan ibu, pekerjaan ibu, jumlah anak, dan dukungan masyarakat tidak berpengaruh terhadap ketidakikutsertaan ibu untuk mengimunisasikan batita pada Sub PIN Difteri karena nilai p >0,05. Kesimpulannya adalah faktor yang mempengaruhi ibu terhadap ketidakikutsertaan batita pada Sub PIN Difteri yaitu tingkat pengetahuan, sikap, dukungan suami, dan paparan informasi. Oleh karena itu perlu dilakukan penambahan pengetahuan dan kesadaran kepada ibu melalui penyuluhan dan motivasi secara serius, sosialisasi kepada suami, dan mengomptimalkan media promosi kesehatan guna meminimalkan ketidakikutsertaan Sub PIN Difteri dikemudian hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 158/13 Swa f
Uncontrolled Keywords: immunization
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA638 Immunity and immunization in relation to public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
NICHOLAS FRANSIDA SWARDANAUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFariani Syahrul, S.KM., M.Kes.,UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 26 Nov 2013 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 21:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23199
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item