PENGARUH PRODUCT PERSONALITY CONGRUENCE TERHADAP SIKAP PADA KEMASAN DAN PREFERENSI KONSUMEN PARFUM “X” DI SURABAYA

NOVINALISA, 040510640 (2009) PENGARUH PRODUCT PERSONALITY CONGRUENCE TERHADAP SIKAP PADA KEMASAN DAN PREFERENSI KONSUMEN PARFUM “X” DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-novinalisa-11595-b9709-k.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-novinalisa-10583-b9709.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemasan bisa menjadi sarana komunikasi dalam menceritakan bagaimana figurnya dan bagaimana self-product yang tercermin didalamnya. Oleh karena itu, pemasar harus efektif dalam merancang atau mendesain kemasan produk dan menerapkan building block strategy untuk mengetengahkan bahwa fungsi kemasan tidak hanya berhenti dalam fungsi teknis saja. Sebab, kemasan bisa mempengaruhi sikap dan preferensi konsumen dalam memilih suatu produk, karena adanya kesesuaian antara karakteristik kemasan dengan karakteristik konsumen atau disebut kesesuaian kepribadian produk (product personality congruence).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh product personality congruence terhadap preferensi konsumen, pengaruh product personality congruence terhadap sikap konsumen pada kemasan dan mengetahui seberapa besar pengaruh sikap konsumen pada kemasan terhadap preferensi konsumen dalam menentukan pilihan parfum merek X di Surabaya. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui eksperimen dengan menggunakan between subject untuk product personality congruence dan sikap konsumen pada kemasan, sedangkan within subject untuk memperoleh data preferensi konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menitikberatkan pada uji hipotesis dengan memakai teknik analisis regresi berganda pada tujuh pengujian hipotesis yang berbeda dengan menggunakan program SPSS 15.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa product personality congruence berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen dan hipotesis diterima ditunjukkan pada pengujian keempat, pengujian keenam, dan pengujian ketujuh. Namun, pengujian pertama, pengujian kedua, pengujian ketiga, dan pengujian kelima menyatakan product personality congruence tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap preferensi konsumen dan hipotesis ditolak. Artinya, kedua kepribadian tersebut hanya akan saling tarik-menarik sesuai dengan hukum ketertarikan (human attraction) untuk saling berkesesuaian. Sedangkan product personality congruence berpengaruh signifikan terhadap sikap pada kemasan yang ditunjukkan pada pengujian pertama, pengujian kedua, pengujian ketiga, pengujian keempat, pengujian kelima, pengujian hipotesis keenam, dan pengujian ketujuh. Untuk sikap pada kemasan terhadap preferensi konsumen, pada pengujian pertama, pengujian kelima, dan pengujian ketujuh menyatakan sikap konsumen berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen dan hipotesis diterima. Pengujian hipotesis kedua, pada pengujian hipotesis ketiga, pada pengujian hipotesis keempat dan pada pengujian hipotesis keenam menyatakan sikap konsumen tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap preferensi konsumen dan hipotesis ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 97/09 Nov p
Uncontrolled Keywords: product personality congruence, sikap pada kemasan, preferensi konsumen, parfum merek X
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
NOVINALISA, 040510640UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Gunawan, DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 07 Apr 2010 12:00
Last Modified: 28 Sep 2016 01:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2320
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item