PENGARUH PARTISIPASI PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 DALAM PAGUYUBAN SEHAT KENCING MANIS (PSKM) TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERKENDALIAN DIABETES MELLITUS TIPE 2(Studi di Puskesmas Mojoagung, Kabupaten Jombang)

QONITAH, 100911033 (2013) PENGARUH PARTISIPASI PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 DALAM PAGUYUBAN SEHAT KENCING MANIS (PSKM) TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERKENDALIAN DIABETES MELLITUS TIPE 2(Studi di Puskesmas Mojoagung, Kabupaten Jombang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Paguyuban Sehat Kencing Manis (PSKM) merupakan suatu organisasi perkumpulan penyandang Diabetes di Puskesmas Mojoagung Kabupaten Jombang yang keberadaannya diharapkan dapat membantu meningkatkan pengetahuan penyandang Diabetes tentang penyakitnya, membantu mengontrol Diabetes Mellitus pada penderita dan meningkatkan peran aktif mereka dalam melakukan pengelolaan Diabetes Mellitus. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari pengaruh partisipasi penderita Diabetes Mellitus tipe 2 dalam Paguyuban Sehat Kencing Manis (PSKM) terhadap pengetahuan dan keterkendalian Diabetes Mellitus tipe 2 di Puskesmas Mojoagung, Kabupaten Jombang. Penelitian yang dilaksanakan adalah jenis penelitian observasional analitik dengan menggunakan desain studi kohort retrospektif. Besar sampel kelompok terpapar yang digunakan adalah sebanyak 11 responden yang merupakan keseluruhan dari populasi (total population), sedangkan besar sampel kelompok tidak terpapar sebanyak 22 responden yang diambil dengan cara systematic random sampling. Variabel yang diteliti adalah karakteristik dan partisipasi penderita Diabetes Mellitus tipe 2 dalam PSKM sebagai variabel independen, dan pengetahuan serta keterkendalian Diabetes Mellitus tipe 2 sebagai variabel dependen. Analisis yang digunakan adalah uji Regresi Logistik Univariat. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara karakteristik responden terhadap pengetahuan penderita Diabetes Mellitus tipe 2 maupun keterkendalian Diabetes Mellitus tipe 2 (GDS dan tekanan darah), terdapat pengaruh yang signifikan antara partisipasi dalam PSKM terhadap pengetahuan penderita Diabetes Mellitus tipe 2 (p = 0,019), Exp(B) 14,444, serta tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara partisipasi dalam PSKM terhadap keterkendalian glukosa darah sewaktu (GDS) (p = 0,323) maupun tekanan darah (p = 0,460). Penderita Diabetes Mellitus tipe 2 yang tidak berpartisipasi dalam PSKM (bukan anggota PSKM) kemungkinan akan mempunyai pengetahuan yang kurang, 14,444 kali lebih besar dibandingkan dengan penderita Diabetes Mellitus tipe 2 yang berpartisipasi dalam PSKM (anggota PSKM). Oleh karena itu, sosialisasi perlu ditingkatkan lagi mengingat PSKM bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup penderita DM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 168/13 Qon p
Uncontrolled Keywords: Diabetes Mellitus
Subjects: R Medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
QONITAH, 100911033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPrijono Satyabakti, , dr., M.S., M.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 26 Nov 2013 12:00
Last Modified: 27 Aug 2016 08:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23209
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item