PENGARUH PEMBERIAN SAFETY TALK TERHADAP PERILAKU SELAMAT PENGGUNAAN APD PADA PEKERJA PRODUKSI PT LINTECH DUTA PRATAMA

IGNES MARSITAHARJANTI, 100911067 (2013) PENGARUH PEMBERIAN SAFETY TALK TERHADAP PERILAKU SELAMAT PENGGUNAAN APD PADA PEKERJA PRODUKSI PT LINTECH DUTA PRATAMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 180-13 Mar p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap tahun angka kecelakaan kerja di Indonesia semakin meningkat, salah satu penyumbangnya adalah perusahaan yang bergerak di bidang fabrikasi yang memiliki potensi bahaya yang cukup tinggi. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya pengendalian kecelakaan kerja dengan melakukan safety talk. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian safety talk terhadap perilaku selamat tenaga kerja dalam menggunakan alat pelindung diri. Desain penelitian yang digunakan adalan penelitian analytic observation cross sectional. Kuesioner diberikan pada 54 tenaga kerja produksi PT Lintech Duta Pratama Surabaya. Subyek ditarik dari populasi dengan menggunakan teknik simple random sampling. Observasi dilakukan pada 10 responden yang dipilih secara acak. Uji pengaruh perubahan perilaku dilakukan dengan menggunakan uji t sampel berpasangan. Uji t pada pengetahuan, menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,306 sedangkan pada sikap memiliki nilai signifikansi 1. Hal ini lebih besar dibandingkan nilai α (0,05) sehingga H0 diterima. Observasi tindakan penggunaan APD menghasilkan 66,7% tenaga kerja patuh menggunakan APD. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah pemberian safety talk pada tenaga kerja produksi tidak berpengaruh terhadap perubahan perilaku tenaga kerja. Disarankan sebaiknya perusahaan memperbaiki pelaksaan safety talk serta melakukan pengawasan lebih pada penggunaan APD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 180/13 Mar p
Uncontrolled Keywords: safety talk, safety behavior
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
IGNES MARSITAHARJANTI, 100911067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTjipto Suwandi, Prof. Dr., dr., M.OH.,UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 26 Nov 2013 12:00
Last Modified: 29 Aug 2016 08:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23221
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item