ANALISIS HIGIENE PENJAGAL AYAM DAN SANITASI RUMAH PEMOTONGAN AYAM DI DESA SIDOWUNGU KECAMATAN MENGANTI KABUPATEN GRESIK

HAFIDZ AL ISHAQI, 100911002 (2013) ANALISIS HIGIENE PENJAGAL AYAM DAN SANITASI RUMAH PEMOTONGAN AYAM DI DESA SIDOWUNGU KECAMATAN MENGANTI KABUPATEN GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 186-13 Ish a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
FKM 186-13 Ish a.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Makanan merupakan salah satu media yang penting dalam penularan penyakit. Konsumsi ayam yang meningkat di indonesia selama lima tahun terakhir harus diimbangi dengan praktek higiene dan sanitasi yang baik dalam memproduksi ayam mulai dari tahap pemeliharaan ternak sampai ternak siap dikonsumsi. Rumah Pemotongan Ayam di indonesia banyak yang masih bersifat tradisional. Sebagian besar Rumah Pemotongan Ayam yang bersifat tradisional belum memenuhi syarat, baik lokasi, kelengkapan bangunan, tata letak bangunan, dan peralatannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode cross sectional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Observasi dilakukan pada 15 Rumah Pemotongan Ayam yang ditentukan menggunakan kriteria inklusi, yakni RPA dengan kapasitas pemotongan di atas 1 ton. Responden penelitian adalah 15 pemilik Rumah Pemotongan ayam dan penjagal ayam sebanyak 30 orang yang diambil secara accidental sampling. Variabel penelitian adalah sanitasi RPA dan higiene penjagal ayam. Variabel sanitasi RPA terdiri dari sanitasi bangunan, sarana sanitasi, sanitasi peralatan dan sanitasi ayam. Variabel higiene penjagal ayam terdiri dari kesehatan penjagal, penggunaan perlengkapan standar, perilaku mencuci tangan, dan perilaku baik lainnya. Kesimpulan penelitian ini sebanyak 80% penjagal ayam belum memenuhi persyaratan higiene, dan 73,33% RPA masih belum memenuhi persyaratan sanitasi. Saran yang dapat diberikan kepada pemerintah setempat adalah hendaknya memberikan pelatihan higiene pada karyawan dan mengawasi secara rutin kegiatan pemotongan ayam. Pemilik RPA hendaknya mengganti peralatan yang tidak layak pakai dengan yang baru, mendirikan bangunan RPA yang terpisah dengan bangunan tempat tinggal, dan membangun sarana penanganan limbah cair, dan memperhatikan kebersihan daging hasil pemotongan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 186/13 Ish a
Uncontrolled Keywords: chicken abattoirs
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
HAFIDZ AL ISHAQI, 100911002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRirih Yudhastuti, Dr., drh., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 27 Nov 2013 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 21:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23228
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item