PENILAIAN RISIKO PADA PEKERJAAN SANDBLASTING DALAM PROSES PEMBUATAN H-BEAM (Di PT. Alim Ampuhjaya Steel Sidoarjo)

TITA YULISTIAN, 101111302 (2013) PENILAIAN RISIKO PADA PEKERJAAN SANDBLASTING DALAM PROSES PEMBUATAN H-BEAM (Di PT. Alim Ampuhjaya Steel Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 197-13 Yul p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Risiko merupakan suatu kondisi dimana terdapat kemungkinan timbulnya kecelakaan karena adanya suatu bahaya. Cara kerja yang tidak aman dan lingkungan yang tidak mendukung menimbulkan risiko bagi para pekerja mengalami kecelakaan kerja. Risiko terjadinya kecelakaan perlu dikelola agar tidak membahayakan bagi para pekerja.Tujuan umum dari penelitian ini adalah mempelajari tingkat risiko pada pekerjaan sandblasting dalam proses pembuatan H-BEAM di PT. Alim Ampuhjaya Steel Sidoarjo. Penelitian dilakukan secara observasional dengan menggunakan rancangan cross sectional dan dianalisis secara deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer berdasarkan observasi dan wawancara serta data sekunder yang didapat dari perusahaan. Penilaian risiko dilakukan berdasarkan aktifitas pekerja dan lingkungan kerja pada pekerjaan sandblasting di PT. Alim Ampuhjaya Steel Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 16 potensi bahaya dengan rincian 3 risiko tergolong dalam risiko kategori rendah, 6 risiko termasuk dalam kategori risiko sedang, dan 7 risiko termasuk dalam kategori risiko tinggi. Risiko sisa terdapat 5 risiko sisa yang memerlukan perbaikan kontrol risiko yang telah digunakan. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penilaian risiko adalah risiko yang ada pada pekerja sandblasting merupakan risiko yang tergolong tinggi. Risiko control yang telah dilakukan oleh PT. Alim Ampuhjaya Steel Sidoarjo adalah bagus karena dapat mengendalikan 69% risiko. Saran yang dapat diberikan yaitu penerapan budaya disipilin dan penyuluhan pada para pekerja serta penilaian risiko secara berkala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 197/13 Yul p
Uncontrolled Keywords: risk assessment
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8751-9295 Life insurance > HG9201-9245 Mutual life insurance. Assessment life insurance. Fraternal life insurance
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
TITA YULISTIAN, 101111302UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMulyono, , S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Dec 2013 12:00
Last Modified: 30 Aug 2016 07:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23238
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item