HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG KANKER SERVIKS DAN IVA DENGAN TINDAKAN DALAM MELAKUKAN PEMERIKSAAN IVA PADA WANITA YANG MEMPUNYAI RISIKO TINGGI MENDERITA KANKER SERVIKS (Studi di Puskesmas Driyorejo Kabupaten Gresik)

RIA EKA NOVITA, 101111322 (2013) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG KANKER SERVIKS DAN IVA DENGAN TINDAKAN DALAM MELAKUKAN PEMERIKSAAN IVA PADA WANITA YANG MEMPUNYAI RISIKO TINGGI MENDERITA KANKER SERVIKS (Studi di Puskesmas Driyorejo Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 198-13 Nov h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kanker Serviks adalah kanker yang terjadi pada serviks uterus, suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dan liang senggama (vagina). Di Indonesia terjadi sekitar 40 kasus baru per harinya dan 50% diantaranya meninggal karena penyakit tersebut. Untuk mengetahui secara dini kanker serviks adalah melalui pemeriksaan IVA, metode deteksi dini kanker serviks yang sesuai untuk negara berkembang termasuk Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain kasus kontrol. Tujuannya untuk menganalisa hubungan pengetahuan dan sikap tentang kanker serviks dan IVA dengan tindakan dalam melakukan pemeriksaan IVA pada wanita yang mempunyai risiko tinggi menderita kanker serviks di Puskesmas Driyorejo. Sampel ditetapkan secara simple random sampling sebanyak 74 responden. Analisis data menggunakan Chi Square. Hasil uji Chi Square bahwa variabel yang berhubungan dengan tindakan dalam melakukan pemeriksaan IVA adalah pendidikan (p=0,031), status bekerja (p=0,039), pengetahuan tentang kanker serviks (p=0,000), pengetahuan tentang IVA (p=0,000). Sedangkan variabel yang tidak berhubungan dengan tindakan dalam melakukan pemeriksaan IVA adalah umur (p=0,127), sikap tentang kanker serviks (p=0,778), sikap tentang IVA (p=0,123). Disarankan kepada pelayanan kesehatan untuk meningkatkan sosialisasi tentang kanker serviks dan IVA sehinggan dapat meningkatkan pengetahuan dan mendorong wanita yang berisiko tinggi untuk melakukan deteksi dini kanker serviks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 198/13 Nov h
Uncontrolled Keywords: IVA, Knowledge, Attitude
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
RIA EKA NOVITA, 101111322UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPrijono Satyabakti, , dr., M.S., M.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Dec 2013 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 22:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23239
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item