KUALITAS LINGKUNGAN DI INDUSTRI RUMAH TANGGA PENYAMAKAN KULIT DAN KELUHAN KESEHATAN PEKERJA (Studi di CV. Sidiq Bersaudara, Desa Banjarejo, Kec. Ngariboyo, Kab. Magetan)

YOPI RISKI MEI SANDRA, 100911041 (2013) KUALITAS LINGKUNGAN DI INDUSTRI RUMAH TANGGA PENYAMAKAN KULIT DAN KELUHAN KESEHATAN PEKERJA (Studi di CV. Sidiq Bersaudara, Desa Banjarejo, Kec. Ngariboyo, Kab. Magetan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 204-13 San k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pekerjaan penyamakan kulit mempergunakan air dalam jumlah yang relatif besar dan bahan kimia, sehingga usaha ini akan menghasilkan limbah cair buangan industri yang mengandung berbagai polutan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kualitas industri rumah tangga penyamakan kulit dan keluhan kesehatan. Desain penelitian ini observasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di penyamakan kulit CV. Sidiq bersaudara, Magetan, dengan populasi penelitian dari 15 pekerja laki-laki. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan dari observasi di lapangan dan wawancara. Data sekunder didapatkan dari data tercatat di perusahaan. Hasil penelitian didapatkan mayoritas pekerja berumur <35 tahun, telah bekerja selama 5-10 tahun, memiliki pengetahuan jelek, memiliki sikap baik, higiene personal yang baik, dan selalu menggunakan alat pelindung diri (APD). Kualitas lingkungan meliputi kondisi fisik bangunan yang kuat, terdapat fasilitas sanitasi yang memadai berupa kamar mandi dan wc, tidak memiliki instalasi pengelolaan limbah cair, memiliki tempat pembuangan sampah, diketemukan vektor lalat, dirasakan bau menyengat pada tahapan split. Hasil pengujian kadar kromium dalam sampel urin pekerja keseluruhan masih dibawah angka normal yang ditetapkan dan kadar kromium air limbah outlet melebihi baku mutu yang ditetapkan. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada hubungan sedang antara umur dengan keluhan kesehatan (C=0,447) serta ada hubungan sedang antara lama kerja dengan keluhan kesehatan (C=0,281). Kesimpulan, kualitas lingkungan di industri penyamakan kulit belum memadai. Diperlukan kerjasama antara pemilik perusahaan, Dinkes, dan BLH untuk ikut serta mengupayakan treatment lingkungan dalam pengelolaan limbah cair.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 204/13 San k
Uncontrolled Keywords: quality of the environment
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD878-894 Special types of environment. Including soil pollution, air pollution, noise pollution
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
YOPI RISKI MEI SANDRA, 100911041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarmaji, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Dec 2013 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 22:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23245
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item