PENILAIAN HIGIENE DAN SANITASI INDUSTRI RUMAH TANGGA SAMBEL PECEL DI KOTA MADIUN

Riska Dwi Milawati, 100911153 (2013) PENILAIAN HIGIENE DAN SANITASI INDUSTRI RUMAH TANGGA SAMBEL PECEL DI KOTA MADIUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 221-13 Mil p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rutinitas yang padat bagi sebagian orang menjadi peluang tersendiri bagi pengusaha dalam bidang kuliner untuk memperdagangkan makanan siap saji. Salah satunya adalah bumbu pecel atau sambel pecel. Banyaknya industri sambel pecel yang tersebar di Kota Madiun membutuhkan pengawasan dan pembinaan secara berkala. Karena usaha ini merupakan usaha yang bergerak dibidang makanan dimana makanan merupakan media yang paling mudah untuk terjadinya infeksi suatu penyakit jika higiene dan sanitasi makanannya tidak terjamin. Penelitian ini dilakukan untuk menilai higiene dan sanitasi industri rumah tangga sambel pecel meliputi tempat pengolahan, sarana produksi dan proses pengolahan, serta higiene sanitasi perorangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode cross sectional. Observasi dilakukan pada 20 industri rumah tangga yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Dan wawancara pada 20 pemilik IRT dan 60 karyawan. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi yang tidak dapat diobservasi. Variabel penelitian adalah sanitasi tempat pengolahan, sanitasi sarana dan proses pengolahan, dan higiene sanitasi perorangan. Sebanyak 55% IRT sambel pecel di Kota Madiun memiliki higiene dan sanitasi yang baik. Sedangkan 45% lainnya masuk dalam kriteria cukup. Hasil ini didasarkan pada hasil penilaian dari masing-masing variabel yang mana dari variabel sanitasi tempat pengolahan sebagian besar (65%) dalam kondisi yang baik. Berbeda untuk variabel sanitasi sarana dan tempat pengolahan (90%) dan variabel higiene sanitasi perorangan (40%), dimana sebagian besar masuk dalam kriteria cukup. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah upaya higiene dan sanitasi IRT sambel pecel di Kota Madiun belum memenuhi kelayakan sehingga perlu ditingkatkan terutama pada sanitasi sarana dan proses pengolahan serta higiene sanitasi perorangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 221/13 Mil p
Uncontrolled Keywords: home industry ; hygiene sanitary
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
Riska Dwi Milawati, 100911153UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRirih Yudhastuti, Dr., drh.,UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 17 Dec 2013 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 01:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23262
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item