ANALISIS PENYEBAB TURNOVER INTENTION PADA PEGAWAI INSTALASI GIZI RUMAH SAKIT PHC SURABAYA

NURHASMADIAR NANDINI, 100911201 (2013) ANALISIS PENYEBAB TURNOVER INTENTION PADA PEGAWAI INSTALASI GIZI RUMAH SAKIT PHC SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 225-13 Nan a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Turnover adalah salah satu masalah yang merugikan pada suatu perusahaan. Selain berkurangnya pegawai, turnover akan menyebabkan suatu perusahaan mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan rekruitmen, orientasi, dan lain sebagainya. Data pada tahun 2010 hingga 2012 menunjukkan angka turnover yang tinggi pada Instalasi Gizi Rumah Sakit PHC Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari penyebab munculnya keinginan untuk berpindah pada pegawai Instalasi Gizi Rumah Sakit PHC Surabaya Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dari populasi menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 43 responden yang telah dibagi secara proporsi pada setiap profesi. Hasil penelitian menggunakan uji regresi logistik didapatkan variabel pada faktor struktural berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja (p<0,05). Variabel kepuasan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen organisasi (p<0,05). Namun hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel komitmen organisasi tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap aktifitas mencari pekerjaan, variabel aktifitas mencari pekerjaan alternatif tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap keinginan berpindah. Kepuasan Kerja, komitmen organisasi, faktor lingkungan dan aktifitas mencari pekerjaan juga tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap turnover intention (p>0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah mayoritas responden memiliki penilaian yang baik pada faktor struktural, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi. Namun, sebagian besar responden juga memiliki keinginan keluar dari Instalasi Gizi Rumah Sakit PHC Surabaya. Seluruh variabel pada faktor struktural mempengaruhi kepuasan kerja responden. Namun variabel yang terdapat pada tahapan menuju keinginan berpindah tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Saran yang dapat diberikan adalah perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penyebab turnover pada pegawai Instalasi Gizi Rumah Sakit PHC Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 225/13 Nan a
Uncontrolled Keywords: turnover intention
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
NURHASMADIAR NANDINI, 100911201UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorThinni Nurul R, Dr. ., Dra.Ec., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 17 Dec 2013 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 01:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23266
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item