ANALISIS PELAKSANAAN PEMASARAN INTERNAL CROSS SELLING DARI INSTALASI RAWAT JALAN KE INSTALASI RADIOLOGI RUMAH SAKIT SEMEN GRESIK

MUTIARA AYU FARADISA, 100911117 (2013) ANALISIS PELAKSANAAN PEMASARAN INTERNAL CROSS SELLING DARI INSTALASI RAWAT JALAN KE INSTALASI RADIOLOGI RUMAH SAKIT SEMEN GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 226-13 Far a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rendahnya jumlah pemeriksaan suatu instalasi di rumah sakit berkaitan erat dengan kegiatan pemasaran yang dilakukan, termasuk pemasaran internal. Pemasaran internal salah satunya terdiri dari kegiatan cross selling dari instalasi lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan cross selling dari Instalasi Rawat Jalan ke Instalasi Radiologi Rumah Sakit Semen Gresik (RSSG). Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel dari populasi menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 25 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Selain itu dilakukan wawancara kepada manajer pemasaran untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang kebijakan pemasaran. Variabel bebas penelitan adalah kebijakan pemasaran, komitmen karyawan, persepsi, motivasi, dan kesiapan cross selling. Sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah pelaksanaan cross selling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memiliki tingkat komitmen karyawan tinggi sebesar 96%, persepsi cross selling tingkat sedang sebesar 60%, motivasi cross selling tinggi sebesar 68%, kesiapan cross selling sedang sebesar 56%,. Sedangkan pelaksanaan cross selling terdapat pada kategori sedang sebesar 64%. Berdasarkan uji korelasi spearman diperoleh kesimpulan adanya hubungan yang kuat antara komitmen karyawan, persepsi, motivasi dengan pelaksanaan cross selling. Sedangkan antara variabel kesiapan dengan pelaksanaan cross selling memiliki hubungan dengan tingkat sedang. Saran yang diberikan adalah perlu dibuat kebijakan secara tertulis tentang pelaksanaan cross selling antar instalasi di RSSG dan dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap faktor lain yang mempengaruhi pelaksanaan cross selling

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 226/13 Far a
Uncontrolled Keywords: employee commitment, cross selling
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
MUTIARA AYU FARADISA, 100911117UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorThinni Nurul R, Dr. Dra.Ec., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 17 Dec 2013 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 22:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23267
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item