ANALISIS KEPATUHAN PENULISAN RESEP MENGGUNAKAN OBAT GENERIK DI RSD KALISAT JEMBER

ISNA RAHMAWATI, 100911191 (2013) ANALISIS KEPATUHAN PENULISAN RESEP MENGGUNAKAN OBAT GENERIK DI RSD KALISAT JEMBER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 228-13 Rah a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini, penggunaan obat generik semakin menurun dari tahun ke tahun. Semakin gencarnya industri farmasi dalam mempromosikan obat paten menyebabkan penggunaan obat paten lebih banyak dibandingkan obat generik. Di Indonesia, peresepan obat generik wajib bagi pelayanan kesehatan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab rendahnya peresepan obat generik di RSD Kalisat Jember berdasarkan kepatuhan dalam menulis resep. Penelitian ini merupakan penelitian observasional menggunakan studi cross sectional. Responden dalam penelitian ini adalah 12 dokter yang terdiri dari 6 dokter umum, 2 dokter gigi dan 4 dokter spesialis. Sampel penelitian ini adalah 50 dokumen resep yang diambil secara acak. Variabel bebas penelitian adalah jenis kelamin, umur, spesialisasi, pemahaman terhadap kebijakan penulisan resep, pemahaman ketersediaan obat, pemahaman pengawasan penggunaan obat, keyakinan terhadap obat generik dan tanggung jawab. Hasil tabulasi silang menunjukkan bahwa dokter di RSD Kalisat memiliki pemahaman kurang tentang kebijakan penulisan resep, memiliki persepsi ketersediaan obat cukup tersedia dan pengawasan penggunaan obat kurang, dokter cukup yakin pada obat generik dan sebagian dokter memiliki tanggung jawab yang baik pada kebijakan penulisan resep. Kepatuhan penulisan resep obat generik di RSD Kalisat Jember sebesar 68%. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah ada hubungan antara spesialisasi dokter dan pengawasan penggunaan obat dengan kepatuhan penulisan resep generik. Saran yang dapat diberikan yaitu meningkatkan pengawasan penggunaan obat dan sosialisasi terus menerus mengenai peresepan generik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 228/13 Rah a
Uncontrolled Keywords: generic drug prescription
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ISNA RAHMAWATI, 100911191UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorStefanus Supriyanto, Prof. Dr. , dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 17 Dec 2013 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 22:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23269
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item