ANALISIS PENERAPAN INSPEKSI TERHADAP PEMENUHAN CSMS (Contractor Safety Management System) PADA KONTRAKTOR REKANAN PT.X

FIRDA FEBRIANA AMANDA, 100911087 (2013) ANALISIS PENERAPAN INSPEKSI TERHADAP PEMENUHAN CSMS (Contractor Safety Management System) PADA KONTRAKTOR REKANAN PT.X. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 242-13 Ama a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kecelakaan kerja banyak terjadi pada kontraktor/subkontraktor dikarenakan perusahaan banyak menunjuk kontraktor/subkontraktor untuk melakukan pekerjaannya. CSMS (Contractor Safety Management System) adalah salah satu program K3 untuk meningkatkan kinerja kontraktor sehingga dapat memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan inspeksi keselamatan terhadap pemenuhan CSMS pada kontraktor di PT. X. Penelitian ini bersifat observasional deskriptif dengan rancangan cross sectional. Besar sampel wawancara dengan kuesioner dan checklist berjumlah 5 kontraktor yang sedang melakukan pekerjaan di PT. X. Metode pengumpulan data berupa data primer dan sekunder. Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif dengan menggunakan teori yang ada. Pelaksanaan Inspeksi pada kontraktor yang berkerja di PT. X tergolong cukup karena masih terdapat kekurangan yang terletak pada laporan inspeksi yang kurang lengkap. Hasil penelitian menunjukkan tingkat penerapan inspeksi terhadap pemenuhan CSMS di PT. X sangat diperlukan. Dalam pelaksanaan inspeksi dapat terlihat unsafe condition dan unsafe action yang terjadi pada saat kontraktor melakukan pekerjaan sehingga resiko yang mungkin timbul dari pekerjaan yang dilakukan dapat dilakukan tindak perbaikan sedini mungkin. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa tingkat penerapan inspeksi pada PT. X sudah baik walaupun masih terdapat kekurangan namun implementasi pemenuhan CSMS pada kontraktor masih perlu ditingkatkan karena belum semua rekanan kontraktor menerapkan CSMS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 242/13 Ama a
Uncontrolled Keywords: implementation of inspection
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
FIRDA FEBRIANA AMANDA, 100911087UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Dwiyanti, , Dra., M.kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 17 Dec 2013 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 02:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23282
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item