SURVEILANS INFEKSI DAERAH OPERASI (IDO) MENURUT KOMPONEN SURVEILANS DI RUMAH SAKIT X SURABAYA TAHUN 2012

AISYAH ZUHROTUL LAILIYA AINUL, 100911239 (2013) SURVEILANS INFEKSI DAERAH OPERASI (IDO) MENURUT KOMPONEN SURVEILANS DI RUMAH SAKIT X SURABAYA TAHUN 2012. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 247-13 Ain s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah sakit merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang bermutu, akuntabel, dan transparan terhadap pasien. Akhir-akhir ini banyak bermunculan kasus infeksi di rumah sakit, oleh karena itu, program pencegahan dan pengendalian infeksi di rumah sakit harus melibatkan unsur-unsur mulai dari pimpinan hingga petugas kesehatan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran pelaksanaan surveilans di salah satu rumah sakit di Surabaya kemudian membandingkannya dengan pedoman surveilans infeksi rumah sakit yang diterbitkan oleh Kemenkes RI (2010). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan mempelajari dokumen-dokumen, wawancara dan observasi di lapangan tempat penelitian. Informan dalam penelitian ini adalah pemegang program surveilans IDO, IPCN, dan IPCLN di Rumah Sakit X Surabaya. Hasil penelitian kemudian dibandingkan dengan Pedoman Surveilans Infeksi Rumah Sakit yang diterbitkan oleh Kemenkes RI Tahun 2010 untuk mengevaluasi pelaksanaan surveilans IDO tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar komponen surveilans Infeksi Daerah Operasi (IDO) di Rumah Sakit X Surabaya tahun 2012 berjalan dengan baik sesuai dengan pedoman surveilans yang ada. Hanya saja, terdapat kekurangan di bagian pengumpulan data, khususnya pada ketepatan laporan dan kelengkapan pengisian formulir. Hal tersebut dikarenakan kesibukan IPCLN yang juga bertugas sebagai perawat sehingga mengkibatkan kelalaian. Untuk itu, perlu ditingkatkan motivasi para petugas surveilans melalui pelatihan, absensi pengumpulan formulir, sistem reward and punishment, dan berbagai metode lain yang dapat meningkatkan kesadaran IPCLN untuk melaksanakan pencegahan dan pengendalian infeksi di Rumah Sakit X Surabaya. Kata kunci: komponen surveilans, Infeksi Daerah Operasi, rumah sakit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 247/13 Ain s
Uncontrolled Keywords: surveillance component
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
AISYAH ZUHROTUL LAILIYA AINUL, 100911239UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPrijonoSatyabakti, , dr., M.S., M.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 19 Dec 2013 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 03:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23288
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item