KANDUNGAN RHODAMIN B PADA KERUPUK PASIR, PENGETAHUAN DAN KELUHAN KESEHATAN KONSUMEN KERUPUK PASIR DI KABUPATEN GRESIK

NURUL KHOIRIAH, 101111259 (2013) KANDUNGAN RHODAMIN B PADA KERUPUK PASIR, PENGETAHUAN DAN KELUHAN KESEHATAN KONSUMEN KERUPUK PASIR DI KABUPATEN GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 248-13 Kho k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rhodamin B adalah zat warna sintetis yng sering disalahgunakan untuk pewarna pangan dengan tujuan untuk menarik perhatian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberadaan Rhodamin B dalam kerupuk pasir yang dikonsumsi dan melihat ada tidaknya keluhan kesehatan yang dialami konsumen setelah mengkonsumsi kerupuk pasir yang mengandung Rhodamin B. Penelitian ini dilakukan di empat lokasi yaitu jalan Veteran, jalan Kutil, jalan Boboh dan di jalan Usman Sadar Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan menggunakan studi cross sectional. Sampel penelitian dalam penelitian ini yaitu kerupuk pasir berwarna merah yang dijual pedagang di lokasi penelitian dan konsumennya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui dari 6 sampel kerupuk pasir yang dicurigai mengandung Rhodamin B 100% positif terdeteksi mengandung Rhodamin B. Konsumen yang mengkonsumsi kerupuk pasir itu mempunyai keluhan kesehatan (70,79%) setelah mengkonsumsi kerupuk pasir yang mengandung Rhodamin B. Keluhan kesehatan tersebut adalah rasa pahit dan tidak enak setelah mengkonsumsi (69,84%), rasa mual (22,22%), serta diare (7,94%) setelah mengkonsumsi kerupuk pasir yang mengandung Rhodamin B. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah di Kabupaten Gresik masih banyak beredar kerupuk pasir mengandung Rhodamin B yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat. Keberadaan Rhodamin B dalam kerupuk pasir dapat menimbulkan keluhan kesehatan bagi konsumen yang mengkonsumsinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 248/13 Kho k
Uncontrolled Keywords: health complaints
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
NURUL KHOIRIAH, 101111259UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorCorie Indria Prasasti, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 19 Dec 2013 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 22:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23289
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item