HUBUNGAN SHIFT KERJA, KARAKTERISTIK INDIVIDU, DAN FAKTOR PSIKOLOGI DENGAN KELELAHAN KERJA SUBYEKTIF (Sudi Pada Pekerja Helper PT PJB UPHT Gresik)

EKA YULIANA, 100911218 (2013) HUBUNGAN SHIFT KERJA, KARAKTERISTIK INDIVIDU, DAN FAKTOR PSIKOLOGI DENGAN KELELAHAN KERJA SUBYEKTIF (Sudi Pada Pekerja Helper PT PJB UPHT Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 252-13 Yul h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kelelahan kerja adalah respon total individu terhadap stress psikososial yang dialami dalam suatu periode waktu tertentu dan cenderung menurunkan prestasi maupun motivasi pada pekerja yang bersangkutan serta akan menurunkan kinerja dan menambah tingkat kesalahan kerja. Kelelahan yang terjadi pada pekerja helper disebabkan jam kerja yang melebihi batas kerja maksimal serta kondisi keadaan lingkungan kerja yang sempit dan membutuhkan konsentrasi tinggi dalam penyelesaian pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan shift kerja, karakteristik individu (umur, status pernikahan, tingkat pendidikan, masa kerja, lama tidur, dan tipe kepribadian), dan faktor psikologis (dukungan pimpinan) dengan kelelahan subyektif pada pekerja helper di PT PJB UPHT Gresik.. Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan rancangan cross sectional. Besar sampel berjumlah 44 responden pekerja helper pada bagian mekanik dan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan uji Chi-Square dengan nilai signifikan sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar pekerja helper mengalami kelelahan ringan (72,4%). Berdasarkan hasil uji Chisquare diketahui bahwa faktor yang berhubungan dengan kelelahan kerja subyektif adalah tingkat pendidikan (p=0,016) dan tipe kepribadian (p=0,000). Kesimpulan yang diperoleh adalah tingkat pendidikan, dan tipe kepribadian mempunyai hubungan dengan kelelahan kerja subyektif pada pekerja helper PT PJB UPHT Gresik. Saran yang dapat diberikan adalah melakukan seleksi tingkat pendidikan dan melakukan tes psikologi saat perekrutan pekerja helper sehingga didapatkan seorang pekerja yang sesuai dengan kriteria pekerjaan pada PT PJB UPHT Gresik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 252/13 Yul h
Uncontrolled Keywords: Job burnout, work shift
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
EKA YULIANA, 100911218UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorM.Sulaksmono, ,dr.,M.S.,M .PH.,SP.OkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 19 Dec 2013 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 03:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23293
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item