EVALUASI PENGELOLAAN SAMPAH DI PERMUKIMANJAMBANGANDAN KUALITAS KESEHATAN LINGKUNGAN SEKITARNYA (Studi Kampung Jambangan RT 07 RW 03 Surabaya)

YUNI SETYO PRATIWI, 101111245 (2013) EVALUASI PENGELOLAAN SAMPAH DI PERMUKIMANJAMBANGANDAN KUALITAS KESEHATAN LINGKUNGAN SEKITARNYA (Studi Kampung Jambangan RT 07 RW 03 Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 256-13 Pra e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kampung Jambangan RT 07 RW 03 Surabaya merupakan salah satu kampung dengan pengelolaan lingkungan dan sampah.Masyarakat Kampung Jambangan ini mampu menjadikan sampah bernilai ekonomi melalui usahanya.Selain itu lingkungan sekitar Kampung Jambangan ini menjadi indah, segar dan asri. Tujuanpenelitian ini adalah ingin mengevaluasi pengelolaan sampah yang terjadi di Kampung Jambangan RT 07 RW 03 Surabaya berdasarkan UU RI No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan PP RI No. 81Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, juga didesain sebagai penelitian evaluatif berdasarkan pedoman UU RI No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan PP RI No. 81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Berdasarkan waktunya penelitian ini termasuk cross sectional karena variabel yang didapat dalam waktu bersamaan.Penelitian ini menggambarkan pengelolaan sampah dan kualitas kesehatan lingkungan sekitarnya.Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan gambar. Berdasarkan hasil observasi dilapangan bahwa Kampung Jambangan RT 07 RW 03 Surabaya melakukan pengurangan sampah dengan 3R (reduce, reuse dan refuse)dan penanganan sampah dengan pewadahan, pengumpulan, pengangkutan dan pengolahan. Untukpengurangan sampah berdasarkan pembatasan timbulan sampah (reduce) dilakukan dengan pembuatan kompos, kerajinan batik dan pemanfaatan limbah wudhu, untuk pendauran ulang sampah dilakukan dengan bank sampah dan daur ulang, dan untuk penggunaan kembali(reuse) dilakukan dengan mengguna ulang tempat oli untuk vas bunga, botol minum untuk pembibitan cabe dan lain-lain. Sedangkan untuk penanganan sampah berdasarkan metode yaitu dengan pemilahan, pengumpulan, pengangkutan dilakukan oleh warga Jambangan, sedangkan untuk pengolahantidak dilakukan oleh petugas TPS Jambangan. Berdasarkan hasil observasi dilapangan dapat disimpulkanbahwa Kampung Jambangan RT 07 RW 03 Surabaya telah menerapkan metode pengurangan dan penanganan sampah dengan baik maka layak jika kampung Jambangan RT 07 RW 03 Surabaya dijadikan Kampung Wisata Jambangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 256/13 Pra e
Uncontrolled Keywords: Environmental Health Quality
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
YUNI SETYO PRATIWI, 101111245UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSudarmaji, S.KM, M.Kes.,UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 19 Dec 2013 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 04:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23297
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item