EVALUASI PROSES PEMBUATAN LAPORAN DAN PEMANFAATAN INFORMASI REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT USADA SIDOARJO

TIARA ANDANI, 100911150 (2013) EVALUASI PROSES PEMBUATAN LAPORAN DAN PEMANFAATAN INFORMASI REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT USADA SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 263-13 And e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rekam medis merupakan berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan, dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien. Rekam medis dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi pasien terkait dengan pelayanan yang diberikan di fasilitas pelayanan kesehatan. Informasi di dalam rekam medis dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, seperti pengambilan keputusan pengobatan kepada pasien, bukti legal pelayanan yang diberikan, dan bukti tentang kinerja sumber daya manusia di fasilitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pembuatan laporan dan pemanfaatan informasi rekam medis di Unit Rekam Medis Rumah Sakit USADA Sidoarjo. Penelitian dilakukan di Unit Rekam Medis Rumah Sakit USADA Sidoarjo, menggunakan penelitian observasional dan rancang bangun cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil observasi dibandingkan dengan Pedoman Penyelenggaraan Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia Revisi II (Depkes RI, 2006) dan Juknis Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) 2011 (Kemenkes RI, 2011). Hasil penelitian menunjukkan proses rekapitulasi kunjungan pasien rawat jalan, pembuatan laporan kegiatan rumah sakit, dan laporan internal rumah sakit termasuk dalam kategori sesuai. Sedangkan proses penyelesaian resume, pembuatan sensus harian rawat inap, pembuatan laporan morbiditas, dan laporan eksternal rumah sakit termasuk dalam kategori kurang sesuai. Informasi rekam medis telah dimanfaatkan oleh sebagian besar middle management rumah sakit. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan proses pembuatan laporan adalah petugas rekam medis mencatat kode pada berkas rekam medis setelah mendapatkan kode dari aplikasi ICD-10, rumah sakit membentuk struktur organisasi unit rekam medis dan memberikan fasilitas yang dapat mendukung pelaksanaan laporan eksternal. Kepala Bagian Marketing Rumah Sakit USADA dapat memanfaatkan informasi indikator pelayanan rumah sakit untuk pemasaran rumah sakit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 263/13 And e
Uncontrolled Keywords: MEDICAL RECORD UNIT
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
TIARA ANDANI, 100911150UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorThinni Nurul R, Dr.., Dra.Ec., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 23 Dec 2013 12:00
Last Modified: 03 Sep 2016 05:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23304
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item