PERAN JURU PEMANTAU JENTIK (JUMANTIK) DALAM UPAYA MENURUNKAN KEPADATAN JENTIK NYAMUK Aedes (Studi di Desa Bluru Kidul Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo)

NUKE MAYA SAFIRA, 100911114 (2013) PERAN JURU PEMANTAU JENTIK (JUMANTIK) DALAM UPAYA MENURUNKAN KEPADATAN JENTIK NYAMUK Aedes (Studi di Desa Bluru Kidul Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 271-13 Saf p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Kasus DBD cenderung meningkat pada setiap tahunnya. Peran serta Juru Pemantau Jentik (Jumantik) sangat penting dimasyarakat dengan tugas dan tanggung jawab yang dimilikinya untuk melakukan tindakan pencegahan, memotivasi, dan melakukan penyuluhan kepada keluarga dan masyarakat agar masyarakat terhindar dari penyakit DBD. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran Jumantik dalam upaya menurunkan kepadatan jentik nyamuk Aedes di Desa Bluru Kidul Sidoarjo. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif. Responden adalah 24 Jumantik yang bertempat tinggal dan wilayah kerjanya di Desa Bluru Kidul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas peran Jumantik berdasarkan PJB adalah baik (95,8%), berdasarkan abatisasi termasuk dalam kategori cukup (83,3%), berdasarkan penyuluhan termasuk dalam kategori baik (95,8%), dan berdasarkan pencatatan dan pelaporan termasuk dalam kategori baik (100,0%). Kesimpulan yang didapatkan adalah peran Jumantik dalam upaya menurunkan kepadatan jentik Aedes adalah cukup. Dukungan dari berbagai sektor sangat dibutuhkan untuk terus meningkatkan kinerja Jumantik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 271/13 Saf p
Uncontrolled Keywords: SURVEYORS LARVAE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA646-648.3 War and public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NUKE MAYA SAFIRA, 100911114UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrijono Satyabakti, , dr., M.S, M.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 23 Dec 2013 12:00
Last Modified: 03 Sep 2016 06:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23312
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item