FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IBU DALAM PEMBERIAN MP ASI PADA BAYI USIA 0-6 BULAN DI DESA PASEBAN KECAMATAN KENCONG KABUPATEN JEMBER

RANI PERMATA SARI, 101111356 (2013) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IBU DALAM PEMBERIAN MP ASI PADA BAYI USIA 0-6 BULAN DI DESA PASEBAN KECAMATAN KENCONG KABUPATEN JEMBER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 274-13 Sar f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemberian makanan pendamping selain ASI (MPASI) mulai dilakukan setelah bayi berumur 6 bulan. Sampai usia 6 bulan, bayi cukup mendapatkan asupan makanan dari ASI tanpa ditambah makanan atau minuman lain. Data pada Profil Kesehatan Indonesia tahun 2004 menunjukkan bahwa pemberian ASI eksklusif di Indonesia masih rendah, yaitu sebesar 41,67%. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan di Desa Paseban yang dipilih secara simple random sampling dengan mengambil sampel sebanyan 40 responden. Data yang terkumpul di uji dengan menggunakan uji Chi Square dan uji Fisher’s Excact dan kemudian melihat faktor yang berpengaruh dengan menggunakan uji Regresi Logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prevalensi pemberian makanan pendamping ASI pada bayi usia 0-6 bulan di Desa Paseban cukup tinggi yaitu sebesar 70%. Hasil uji regresi logistik multivariat menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap pemberian makanan pendamping ASI pada bayi usia 0-6 bulan adalah persepsi ibu (β=0,056, p=0,027). Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi tenaga kesehatan khususnya untuk daerah penelitian setempat tentang masalah pemberian makanan pendamping ASI pada bayi usia 0-6 bulan. Sehingga semua orang yang ada di sekitar ibu dapat memberikan dukungan pada ibu untuk memperbaiki persepsi ibu terkait dengan produksi ASInya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 274/13 Sar f
Uncontrolled Keywords: influential factors
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
RANI PERMATA SARI, 101111356UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorR. Bambang W, Prof. .dr.,M.S.,M.CN.,Ph.D,S p.GKUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 23 Dec 2013 12:00
Last Modified: 03 Sep 2016 07:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23315
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item