PERANAN PENGASUH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN (Studi di Panti Asuhan Ashabul Kahfi Surabaya)

KHALIFATUN NISA, 100911183 (2014) PERANAN PENGASUH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN (Studi di Panti Asuhan Ashabul Kahfi Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 02-14 Nis p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hanya sebagian kecil remaja yang memperoleh informasi tentang kesehatan reproduksi dari orang tuanya. Padahal, orang tua memiliki peranan yang besar dalam memberikan pendidikan tentang kesehatan reproduksi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peranan pengasuh terhadap tingkat pengetahuan tentang kesehatan reproduksi pada remaja yang tinggal di panti asuhan. Penelitian dilaksanakan menggunakan desain penelitian survei yang bersifat deskriptif. Subjek anak asuh diambil sebanyak 23 orang dengan cara total sampling dan dua orang pengasuh. Instrumen kuesioner diberikan kepada anak asuh dan wawacara dilakukan kepada pengasuh. Variabel penelitian adalah nilai pengetahuan kesehatan reproduksi anak asuh usia remaja dan skor peranan pengasuh. Tingkat pengetahuan tentang kesehatan reproduksi pada anak asuh usia remaja yang tinggal di panti asuhan menunjukkan sebanyak 52,2% dalam kategori pengetahuan kurang dan 48,8% pengetahuan baik. Hasil uji korelasi pearson menunjukkan nilai p (0,943) >α (0,005), yaitu tidak adanya hubungan antara skor peranan pengasuh dan nilai pengetahuan kesehatan reproduksi anak asuh. Pengetahuan tentang kesehatan reproduksi tidak pernah disampaikan secara khusus maupun secara personal oleh pihak pengasuh, melainkan diselipkan secara umum dalam pengajian (program pembinaan berupa ceramah). Maka, disarankan agar pengasuh meningkatkan peranan dengan cara menambah intensitas komunikasi personal dan mengadakan program pembinaan (ceramah) yang dikhususkan membahas materi kesehatan reproduksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 02/14 Nis p
Uncontrolled Keywords: adolescent reproductive health
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
KHALIFATUN NISA, 100911183UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArief Wibowo, Dr. , dr. M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 10 Feb 2014 12:00
Last Modified: 05 Sep 2016 10:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23324
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item