UPAYA PENINGKATAN HUNIAN RAWAT INAP RUMAH SAKIT BERDASARKAN EFEK PROMOSI (Studi Di Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo)

ANTANIA ADZHANI, 100911241 (2014) UPAYA PENINGKATAN HUNIAN RAWAT INAP RUMAH SAKIT BERDASARKAN EFEK PROMOSI (Studi Di Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rendahnya bed occupacy rate (BOR) 55,51% pada 2008 sampai dengan 2012 dibawah target (75%-85%) yang ditetapkan. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan promosi Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo berdasarkan konsep AIDA(attention, interest, desire, action). Penelitian ini menggunakan pendekatan observasional yang bersifat deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah masyarakat bertempat tinggal dengan radius 3km mengelilingi rumah sakit. Cara pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode proportional random sampling pada bulan agustus sampai dengan September 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi di Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo adalah meliputi personal selling, promosi penjualan dan public relation. Sumber informasi tentang produk yang terdapat di Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo adalah dari word of mouth. Attention responden pada produk di Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo dinilai cukup perhatian. Ketertarikan responden untuk memanfaatkan produk dinilai cukup tertarik. Pada tahap desire, dapat dinilai bahwa responden sangat berminat, dan produk yang paling banyak diminati oleh responden adalah laboratorium. Pada tahap action, persepsi responden terhadap harga produk dinilai cukup mahal, tetapi mayoritas responden sangat loyal terhadap Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah responden melalui tahapan AIDA (attention, interest, desire, action) terhadap Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo dengan sumber informasi yang paling efektif adalah word of mouth.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 03-14 Adz u
Uncontrolled Keywords: promotion, bed occupancy rate (BOR), AIDA concept
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ANTANIA ADZHANI, 100911241UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorStefanus Supriyanto, Prof. Dr. , dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 13 Feb 2014 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 06:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23325
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item