Hubungan kepuasan kerja dengan motivasi kerja pada perawat di instalasi rawat inap RS PHC Surabaya.

DIANA KUSUMAWARDHANI, 100311272 (2007) Hubungan kepuasan kerja dengan motivasi kerja pada perawat di instalasi rawat inap RS PHC Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepuasan kerja merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan pekerja dan jika tidak diperhatikan akan mempengaruhi motivasi kerja dan produktivitas kerjanya. Telah dilakukan penelitian mengenai hubungan antara kepuasan kerja dengan motivasi kerja pada perawat di instalasi rawat inap RS PHC Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari gambaran kepuasan kerja pada perawat di instalasi rawat inap yang dilihat berdasarkan kondisi kerja, kondisi manajerial, dan kondisi sosial serta hubungan dengan motivasi kerja. Penelitian ini termasuk penelitian analitik dengan rancangan crossectional. Data primer diambil dengan kuesioner. Data sekunder diambil dari data rumah sakit. Responden dintentukan secara sampling acak sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan terhadap kondisi kerja pada tingkat cukup puas adalah 58,70% , kepuasan terhadap kondisi manajerial pada tingkat puas adalah 54,30%, kepuasan terhadap kondisi sosial pada tingkat cukup puas adalah 78,30%. Bila dianalisis dengan menggunakan analisis kontingensi maka diketahui nilai contingency coefficient sebesar 0,496. Hal ini berarti bahwa hubungan seluruh variabel kondisi kerja, kondisi manajerial dan kondisi sosial dengan motivasi kerja pada perawat di IRNA RS PHC Surabaya termasuk ke dalam kategori sedang yaitu berkisar antara 0,40-0,59 (Sugiyono, 1977). Kepuasan terhadap kondisi sosial adalah variabel yang hubungannya dominan karena mempunyai nilai paling tinggi. Melihat adanya hubungan antara kepuasan terhadap kondisi sosial dengan motivasi kerja maka pihak rumah sakit khususnya sub bidang IRNA disarankan untuk melakukan perbaikan kerja sama dalam satu tim kerja serta perbaikan gaya kepemimpinan sehingga terialin kerjasama antara seluruh pegawai dan pimpinan yang harmonis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 117 07 Kus h
Uncontrolled Keywords: NURSES-JOB SATISFACTION ; JOB ENRICHMENT
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
DIANA KUSUMAWARDHANI, 100311272UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMulyono, S.KM.,MKESUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 05 Mar 2014 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 07:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23326
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item