ENTREPRENEURIAL LEADERSHIP, ORIENTASI PASAR DAN KINERJA BISNIS PADA USAHA MENENGAH DI JAWA TIMUR

HAMI SURYAMAN, 040419094 (2009) ENTREPRENEURIAL LEADERSHIP, ORIENTASI PASAR DAN KINERJA BISNIS PADA USAHA MENENGAH DI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-suryamanha-11634-b11309-k.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-suryamanha-10596-b11309.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Usaha skala menengah mampu menyumbang 56,7% PDB Indonesia dan membuka kesempatan kerja bagi masyarakat. Sumbangan dari Usaha menengah sangat signifikan dibanding dengan besar usahanya. Pada tahun 2007 usaha menengah mengalami kemunduran yang disebabkan gempuran produk-produk impor dan kesulitan dalam pencairan pinjaman dari perbankan. Kemampuan pengusaha selaku owner-manager dalam beradaptasi dengan kondisi yang ada berperan sangat penting. Seorang owner-manager perlu memikirkan dan bertindak agar usahanya tetap berjalan. Penerapkan strategi bisnis yang handal sangat membantu dalam mencapai prestasi perusahaan yang optimal atau hanya sekedar bertahan dalam situasi pasar global. Permasalahan dalam skripsi ini mengangkat mengenai pengaruh seorang owner-manager usaha menengah yang menerapkan entrepreneurial leader dan dampaknya pada kinerja usaha menengah yang dipimpinnya. Kemudian seorang owner-manager dalam penerapan orientasi pasar sebagai strategi bisnis dan sebagai tujuan akhirnya adalah tentu saja pada kinerja usaha menengah yang dipimpinnya. Penelitian ini mengambil sampel dari usaha menengah di Jawa Timur. Data usaha menengah yang dibutuhkan dikumpulkan melalui survey dan didapatkan 167 perusahaan berskala menengah. Data yang sudah terkumpul selanjutnya diolah dan diuji menggunakan teknik Path Analysis. Hasil penelitian menunjukkan peran entrepreneurial leader sangat menunjung kinerja usaha menengah. Nilai koefisien jalur pengaruh tidak langsung bernilai positif meski lebih kecil. Hal itu disebabkan karena owner-manager pada usaha menengah tidak melakukan koordinasi intern perusahaan dalam pengelolaan informasi pelanggan dan pesaing. Semua informasi dikelola oleh owner-manager sendiri tanpa bantuan dari karyawan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) entrepreneurial leadership berpengaruh langsung terhadap kinerja bisnis secara signifikan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,25. 2) entrepreneurial leadership berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja bisnis melalui orientasi pasar sebagai variabel intervening dengan koefisien jalur sebesar 0,084.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KK-2 B 113/09 Sur e
Uncontrolled Keywords: entrepreneurial leadership, orientasi pasar, kinerja bisnis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
HAMI SURYAMAN, 040419094UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEndang Purnomowati, Dra. EcUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 12 Apr 2010 12:00
Last Modified: 28 Sep 2016 01:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2333
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item