FAKTOR KEHAMILAN RISIKO TINGGI DI PUSKESMAS KETABANG SURABAYA

FAJRI FARIDA NINGSIH, 101011306 (2012) FAKTOR KEHAMILAN RISIKO TINGGI DI PUSKESMAS KETABANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kehamilan risiko tinggi adalah suatu kehamilan yang memiliki risiko lebih besar dari kehamilan biasanya, bagi ibu ataupun bayinya akan terjadinya penyakit atau kematian, yang terjadi sebelum maupun sesudah persalinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor risiko kehamilan risiko tinggi di Puskesmas Ketabang Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode observasional, desain penelitian kasus kontrol, kelompok kasus adalah ibu hamil risiko tinggi pada periode Januari - Mei 2012 sebanyak 16 ibu hamil, sedangkan kelompok kontrolnya adalah ibu hamil yang bukan termasuk kehamilan risiko tinggi sebanyak 40 ibu hamil. Besar sampel yang digunakan adalah total populasi kasus dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil dengan tingkat pengetahuan kurang, memiliki risiko 3 mengalami kehamilan risiko tinggi dibandingkan dengan ibu hamil dengan tingkat pengetahuan baik, ibu hamil dengan tingkat pendapatan keluarganya <Rp.1.257.000/bulan memiliki risiko 1,16 kali mengalami kehamilan risiko tinggi dibandingkan dengan ibu hamil dengan tingkat pendapatan keluarganya >Rp.1.257.000/bulan, ibu hamil dengan usia menikah <20tahun miliki risiko 3,18 kali mengalami kehamilan risiko tinggi dibandingkan dengan ibu hamil dengan usia menikah antara 20-35 tahun, Ibu hamil yang bekerja memiliki risiko 4,66 kali mengalami kehamilan risiko tinggi, dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak bekerja, Ibu hamil yang menggunakan alat kontrasepsi sebelum kehamilan pertamanya mempunyai risiko mengalami kehamilan risiko tinggi sebanyak 0,55 kali dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak menggunakan alat kontrasepsi sebelum kehamilan pertamanya Disarankan bagi ibu hamil agar memeriksakan kehamilannya secara rutin, bagi keluarga agar memberi motivasi agar ibu teratur meriksakan kehamilannya, bagi puskesmas agar semakin meningkatkan penyuluhan tentang kehamilan risiko tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 274/12 Nin f
Uncontrolled Keywords: PREGNANCY - SIGNS AND DIAGNOSIS
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Epidemiologi
Creators:
CreatorsEmail
FAJRI FARIDA NINGSIH, 101011306UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantFariani Syahrul, S.KM, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 27 Dec 2012 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 18:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23367
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item