PERBANDINGAN ANALISIS TREND DAN SMOOTHING EKSPONENSIAL GANDA HOLT DALAM MERAMALKAN ANGKA KEMATIAN BAYI DI JAWA TIMUR

Qoyyimah, Mazroatul, NIM. 100311279 (2007) PERBANDINGAN ANALISIS TREND DAN SMOOTHING EKSPONENSIAL GANDA HOLT DALAM MERAMALKAN ANGKA KEMATIAN BAYI DI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-qoyyimahma-5445-fkm190-k.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-qoyyimahma-5445-fkm1907.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peramalan diperlukan untuk menetapkan kapan suatu peristiwa akan terjadi sehingga keputusan yang tepat dapat dilakukan. Analisis deret berkala adalah pendekatan yang tepat dalam meramalkan nilai suatu variabel pada masa yang akan datang, dan dalam hal ini akan diterapkan pada angka kematian bayi di Jawa timur. Metode analisis trend dan smoothing eksponensial ganda Holt merupakan salah satu metode deret berkala yang berguna untuk menduga angka kematian bayi di Jawa Timur dimasa mendatang secara sistematis dan statistik. Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan hasil peramalan dari kedua metode untuk memilih metode mana yang lebih tepat untuk meramalkan angka kematian bayi di Jawa Timur dengan melihat tingkat kesalahan (MAPE) yang terendah. Penelitian ini menggunakan data sekunder angka kematian bayi di Jawa timur mulai tahun 1995 sampai dengan tahun 2005 yang diambil dari data hasil Susenas oleh Badan Pusat Statistik Propinsi Jawa Timur. Data tersebut kemudian diolah dengan menggunakan metode analisis trend dan smoothing eksponensial ganda Holt dengan bantuan program komputer. Berdasarkan hasil penelitian, metode analisis trend (linier) menghasilkan nilai MAPE sebesar 3,88 %, dan nilai MAPE dari metode smoothing eksponensial ganda Holt sebesar 4,96 %, sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode yang lebih tepat untuk meramalkan angka kematian bayi di Jawa Timur adalah metode analisis trend (linier) dengan nilai MAPE terendah. Hasil dari peramalan ini selanjutnya diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan informasi awal yang berguna dalam perencanaan program kesehatan dalam rangka penurunan angka kematian bayi di Jawa Timur. Agar mendapatkan hasil yang lebih tepat sebaiknya dilakukan evaluasi dalam jangka pendek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 19/07 Qoy p
Uncontrolled Keywords: INFANTS - DEATH
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG600-650 The embryo and fetus
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Biostatistika dan Kependudukan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Qoyyimah, Mazroatul, NIM. 100311279UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSalim, Lutfi Agus, H. S.KM., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 21 Nov 2007 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 09:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23380
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item