ANALISIS POLA KEDATANGAN PASIEN DI POLI UMUM PUSKESMAS JEMURSARI SURABAYA

Dewa Malindra S. P., NIM. 100411418 (2009) ANALISIS POLA KEDATANGAN PASIEN DI POLI UMUM PUSKESMAS JEMURSARI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-dewamalind-9834-fkm940-k.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-dewamalind-8322-fkm940-a.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu faktor penyebab lamanya waktu tunggu pasien adalah faktor sistem antrian yang meliputi distribusi kedatangan pasien, distribusi pelayanan pasien, disiplin pelayanan, jumlah maksimum yang diperkenankan berada dalam sistem, dan besarnya populasi masukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola kedatangan pasien di poli umum Puskesmas Jemursari Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian survei analitik dan menurut waktu penelitian merupakan penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien yang berkunjung ke poli umum Puskesmas Jemursari, sedangkan sampel penelitian ini adalah total sampling pada hari dan jam penelitian yakni pada tiga hari yang padat pengunjung yaitu hari senin, selasa dan kamis pada pukul 07.30-10.30 WIB dengan jumlah keseluruhan sebesar 106 pasien. Hasil penelitian menujukkan bahwa model antrian pasien di poli umum Puskesmas Jemursari adalah model (M/M/1) : (FCFS/–/–) yaitu tingkat kedatangan pasien dan tingkat pelayanan mengikuti distribusi probabilitas poisson dengan fasilitas pelayanan tunggal serta sumber populasi dan kepanjangan antrian adalah tak terbatas (infinite) dengan tingkat kedatangan rata-rata pasien di loket umum (X) adalah 20 pasien perjam, tingkat pelayanan rata-rata (µ) 24 pasien perjam. Tingkat kedatangan rata-rata pasien di poli umum (λ) adalah 15 pasien perjam, dengan tingkat pelayanan rata-rata (µ) 12 pasien perjam. Serta tingkat kedatangan rata-rata pasien di apotek (λ) adalah 17 pasien perjam, dengan tingkat pelayanan rata-rata (µ) 13 pasien perjam. Tingkat kegunaan fasilitas pelayanan di loket umum (ρ) sebesar 0,83 atau ρ < 1, di poli umum adalah 1,25 atau ρ > 1, dan di apotek adalah 1,31 atau ρ > 1 dengan waktu tunggu rata-rata terlama ada di loket umum yaitu 60,74 menit. Sebagai upaya untuk menekan lamanya waktu tunggu pasien sebaiknya jam buka loket umum Puskesmas Jemursari tepat pada pukul 07.30 WIB, serta bila memungkinkan ada penambahan jam buka loket sampai pukul 11.00 WIB. Perlu adanya pengaturan kembali sistem pengeras suara untuk loket umum, poli umum dan apotek untuk memudahkan dan mempercepat dalam pemanggilan pasien serta mengatur pola kedatangan pasien dengan penjadwalan atau pasien telepon terlebih dahulu untuk konfirmasi jam pelayanan agar pasien tidak terlalu lama menunggu dalam system. Serta perlu adanya penambahan kasir di loket umum untuk mempersingkat proses pendaftaran dan pembayaran pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 94/08 Dew a
Uncontrolled Keywords: PATIENTS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
Dewa Malindra S. P., NIM. 100411418UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNyoman Anita D, Dr.,drg.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 09 Jan 2009 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 16:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23389
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item