HUBUNGAN ANTARA KONTRASEPSI PROGESTIN DENGAN PRODUKSI ASI PADA IBU MENYUSUI ASI EKSKLUSIF DI RB ANUGRAH SURABAYA

Dewi, Sherly Natalia, NIM. 100630255 (2009) HUBUNGAN ANTARA KONTRASEPSI PROGESTIN DENGAN PRODUKSI ASI PADA IBU MENYUSUI ASI EKSKLUSIF DI RB ANUGRAH SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-dewisherly-9781-fkm300-k.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-dewisherly-8346-fkm300-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kontrasepsi progestin merupakan suatu metode kontrasepsi yang hanya mengandung hormon progesteron. Jenis kontrasepsi ini terdiri dari minipil, suntik progestin, implan, dan AKDR progestin. BKKBN merekomendasikan kontrasepsi minipil untuk Para ibu dalam masa menyusui. Produksi ASI dipengaruhi oleh hormon prolaktin, tetapi fungsinya belum mampu merangsang pengeluaran ASI apabila dihalangi oleh estrogen dan progesteron. Mengingat pentingnya ASI eksklusif bagi bayi dan ibunya, maka penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara kontrasepsi progestin dengan produksi ASI pada ibu menyusui ASI eksklusif di RB Anugrah Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian analitik dengan rancang bangun case control. Penelitian ini menganalisis seluruh populasi, yaitu seluruh ibu menyusui ASI eksklusif selama 3 bulan ( Januari sampai Maret 2008) di RB Anugrah Surabaya. Pengumpulan data menggunakan data sekunder dan data primer yang berupa wawancara menggunakan kusioner. Variabel yang digunakan adalah kontrasepsi progestin sebagai exposure dan produksi ASI sebagai disease. Penelitian insi menggunakan odd ratio untuk mengetahui menyimpulkan hubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 47,5% ibu menyusui ASI eksklusif di RB Anugrah Surabaya memilih menggunakan mimpil dan suntik progestin, baik yang menggunakan alat kontrasepsi progestin maupun yang tidak menggunakannya, sebanyak 67,5% memiliki produksi ASI yang sangat cukup dan sisanya memiliki produksi ASI yang cukup untuk bayinya. Sedangkan jenis kontrasepsi progestin yang paling banyak diminati oleh ibu pada masa laktasi berupa suntik progestin. Dari penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada hubungan antara kontrasepsi progestin dengan produksi ASI pada ibu menyusui ASI eksklusif di RB Anugrah Surabaya pada Januari sampai Maret 2008.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 30/08 Dew h
Uncontrolled Keywords: CONTRACEPTION; BREAST MILK
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Epidemiologi
Creators:
CreatorsEmail
Dewi, Sherly Natalia, NIM. 100630255UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorThatarina U. W., Dr. dr., M.S.,M.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 13 Jan 2009 12:00
Last Modified: 05 Sep 2016 09:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23396
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item