GAMBARAN KEJADIAN PENYAKIT INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (ISPA) PADA SAAT SEBELUM DAN SAAT KEJADIAN LAPINDO DI PORONG (Studi di Puskesmas Porong Kabupaten Sidoarjo)

Tantri Wijayanti, 100531852 (2009) GAMBARAN KEJADIAN PENYAKIT INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (ISPA) PADA SAAT SEBELUM DAN SAAT KEJADIAN LAPINDO DI PORONG (Studi di Puskesmas Porong Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-wijayantit-8556-fkm150-k.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-wijayantit-9356-fkm150-g.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) merupakan penyakit infeksi yang bisa menyerang semua kelompok umur. Faktor-faktor yang bisa menyebabkan ISPA yaitu bakteri, jamur, riketsia dan virus. Dari faktor lingkungan yaitu bau gas yang menyengat (H2S), debu, pelayanan kesehatan, dan tingkat sosial ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari gambaran kejadian penyakit ISPA pada saat sebelum dan saat kejadian Lapindo di wilayah kerja Puskesmas Porong. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat time series. Populasi penelitian adalah semua penduduk di wilayah kerja Puskesmas Porong. Hasil penelitian kasus ISPA pada saat sebelum dan saat kejadian Lapindo di wilayah kerja Puskesmas Porong berdasarkan variabel waktu menunjukkan angka Insidens Risk dan trend yang fluktuatif setiap tahunnya, berdasarkan variabel orang menurut golongan umur kasus ISPA tertinggi terjadi pada umur 20-44 tahun dan menurut jenis kelamin kasus ISPA tertinggi terjadi pada jenis kelamin laki-laki, sedangkan berdasarkan variabel tempat kasus ISPA paling banyak terjadi di wilayah Jatirejo, Siring, dan Reno. Analisis statistik yang digunakan yaitu t Dua Sampel Bebas, didapatkan bahwa golongan umur pada bulan Januari-Mei tahun 2006-2007 diperoleh nilai p = 0,008 < 0,05 yang berarti ada perbedaan kelompok umur penderita ISPA pada saat sebelum dan saat kejadian Lapindo, sedangkan untuk jenis kelamin laki-laki diperoleh nilai p = 0,008 < 0,05 dan untuk jenis kelamin wanita diperoleh nilai p = 0,010 < 0,05 yang berarti ada perbedaan jenis kelamin penderita ISPA pada saat sebelum dan saat kejadian Lapindo. Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan bagi masyarakat yang berada di sekitar wilayah Porong dan dekat dengan semburan Lumpur Lapindo hendaknya memakai masker untuk mengantisipasi bau gas H2S. Pada petugas kesehatan untuk lebih aktif melakukan penyuluhan tentang penyakit ISPA terhadap masyarakat di wilayah Porong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 150/07 Wij g
Uncontrolled Keywords: RESPIRATORY INFECTIONS
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC705-779 Diseases of the respiratory system
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Epidemiologi
Creators:
CreatorsEmail
Tantri Wijayanti, 100531852UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFariani Syahrul, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 01 Apr 2009 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 17:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23404
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item