HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN FAKTOR PEKERJAAN PADA KARYAWAN PT. GARUDA INDONESIA AIRLINES (Studi Kasus di PT. Garuda Indonesia Airlines Surabaya)

Tri Suharyani, 100531890 (2009) HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN FAKTOR PEKERJAAN PADA KARYAWAN PT. GARUDA INDONESIA AIRLINES (Studi Kasus di PT. Garuda Indonesia Airlines Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-suharyanit-8535-fkm190-k.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-suharyanit-9359-fkm190-h.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia sebagai salah satu negara berkembang, saat ini memiliki industri penerbangan yang tengah bersaing ketat, dimulai dengan lahirnya maskapai-maskapai penerbangan baru. Dampak secara langsung dirasakan oleh PT Garuda Indonesia Airlines sebagai salah satu maskapai senior. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memperbaiki kinerja dari karyawan perusahaan. Salah satu indikator mengenai perbaikan kinerja adalah melalui analisa tingkat kepuasan kerja. Pada penulisan skripsi ini akan dibahas mengenai hubungan karakteristik individu dan faktor pekerjaan pada karyawan PT Garuda Indonesia Airlines. Karakteristik individu terdiri dari: umur, jenis kelamin, lama bekerja, pendidikan terakhir, dan status perkawinan. Sedangkan faktor pekerjaan terdiri dari: gaji atau imbalan adil, cara penyelia, rekan-rekan sejawat yang menunjang, dan kondisi kerja yang mendukung. Cara pengukuran melalui penyebaran kuesioner kepada karyawan PT Garuda Indonesia Airlines cabang Surabaya. Hasil dari kuesioner akan diolah menggunakan bantuan statistik dan didapatkan tingkat hubungan dari karakteristik individu dengan tingkat kepuasan dan faktor pekerjaan dengan tingkat kepuasan. Dari hasil penelitian ini didapatkan tingkat kepuasan kerja sebesar 30% karyawan tidak puas. Dan dari hasil perhitungan statistik menggunakan chi-square diperoleh kesimpulan bahwa karakteristik individu yang berhubungan dengan kepuasan kerja adalah umur, tingkat pendidikan, lama bekerja, dan status perkawinan. Sedangkan dari hasil perhitungan statistik menggunakan chi-square diperoleh kesimpulan bahwa faktor pekerjaan yang berhubungan dengan kepuasan kerja adalah gaji atau imbalan adil, cara penyelia, rekan-rekan sejawat yang menunjang, dan kondisi kerja yang mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 190/07 Suh h
Uncontrolled Keywords: JOB SATISFACTION; AIRLINES - EMPLOYEES
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA440-440.87 Study and teaching. Research
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsEmail
Tri Suharyani, 100531890UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMeirina Ernawati, drh., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 01 Apr 2009 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 18:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23407
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item