KEJADIAN KECELAKAAN FORKLIFT DI PT ANUGERAH PHARMINDO LESTARI RDC. SURABAYA DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI

Zulia Shofniarti, 100531880 (2009) KEJADIAN KECELAKAAN FORKLIFT DI PT ANUGERAH PHARMINDO LESTARI RDC. SURABAYA DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-shofniarti-8539-fkm189-k.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-shofniarti-9360-fkm189-k.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Forklift merupakan mesin serbaguna dan multiguma yang diperlukan dalam berbagai aspek di perusahaan. Jutaan forklit digunak-an setiap hari dan dapat menimbulkan bahaya yang mengaki-batkan kerusakan benda, luka, bahkan kematian. Oleh karena itu faktor penyebab kecelakaan forklift harus diteliti dan ditemukan. Untuk selanjutnyu dengan usaha koreksi yang ditujukan kepada faktor penyebab tersebut sehingga kecelakaan forklift dapat dihindari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari kecelakaan forklift yang sering terjadi dan faktor penyebab terjadinya kecelakaan forklift di PT. Anugerah Pharmindo Lestari RDC Surabaya. Penelitian ini bersifat observasional dengan pendekataan cross-sectional. Besar sampel penelitian sebanyak 16 orang yang diambil dari semua operator forklift. Data primer diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan observasi serta data sekunder yang diperolch dan perusahaan. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 16 operator forklift, 13 operator forklift pernah mengalami kecelakaan forklift Jenis kecelakaan forklift yang terbanyak disebabkan karena forklift menabrak barang (48%). Kecelakaan forklift paling banyak terdapat pada golongan: usia antara 6-30 tahun (31,25%) dan operator forklift yang tidak mendapatkan pelatihan (75%). Perawatan forklift yang buruk dan desain tempat kerja yang tidak layak untuk pengoperasian forklift dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan forklift. Dapat disimpulkan bahwa untuk mengurangi resiko kecelakaan forklift memerlukan adanya pelatihan untuk operator forklift, perawatan forklift yang baik, dan penggunaan tempat kerja yang layak untuk pengoperasian forklift.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 189/07 Sho k
Uncontrolled Keywords: FORK LIFT TRUCKS � ACCIDENTS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsEmail
Zulia Shofniarti, 100531880UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSho’im Hidayat, dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 01 Apr 2009 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 19:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23408
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item