STUDI KORELASI ANTARA PERILAKU KESEHATAN ANAK BUAH KAPAL DENGAN TINGKAT KEPADATAN KECOAK DI ATAS KAPAL (Studi Kasus di Pelabuban Penyeberangan Ketapang - Gilimanuk)

Sony Irawan, 100531857 (2009) STUDI KORELASI ANTARA PERILAKU KESEHATAN ANAK BUAH KAPAL DENGAN TINGKAT KEPADATAN KECOAK DI ATAS KAPAL (Studi Kasus di Pelabuban Penyeberangan Ketapang - Gilimanuk). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK KKC KK FKM 153_07 Ira s.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM 153_07 Ira s.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dunia transportasi, khususnya perairan semakin memainkan perannya sebagai penghubung antar pulau dengan kapal sebagai alat angkutnya. Tidak dapat dipungkiri, kapal sebagai salah satu alat transportasi yang menghubungkan satu daratan dengan daratan lain sangat rentan menjadi media penular penyakit secara global yang mungkin masuk melalui orang, alat angkut, barang termasuk kontainer dari satu wilayah ke wilayah lain. Pemberantasan vektor penular penyakit yang mungkin terdapat di atas kapal harus menjadi upaya yang terus menerus dilakukan secara terprogram. Kecoak menjadi vektor yang seringkali terdapat di dalam kapal. Perilaku kesehatan Anak Buah Kapal (ABK) di dalam menjaga sanitasi kapal, kemungkinan menjadi salah satu fak-tor penyebab masih ditemukannya kehidupan kecoak di dalam kapal. Penelitian ini merupakan penelitian studi korelasional yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara perilaku kesehatan ABK dengan tingkat kepadatan kecoak diatas kapal penyeberangan Ketapang - Gilimanuk. Sedangkan berdasarkan waktunya, penelitian ini merupakan penelitian cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah ABK di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang – Gilimanuk sebesar 380 orang dengan Sampel kapal sebesar 24 kapal total sampling). Wawancara melalui kuisioner dilakukan untuk mengetahui tingkat perilaku kesehatan ABK dan data hasil penilaian tingkat kepadatan kecoak diatas kapal yang dilaksanakan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Ketapang dijadikan sebagai sumber data sekunder. Variabel bebas dari penelitian ini adalah perilaku kesehatan ABK dan tingkat kepadatan kecoak diatas kapal. Dari hasil analisis hasil penilaian perilaku kesehatan ABK dengan tingkat kepadatan kecoak diatas kapal, terdapat korelasi antara perilaku kesehatan ABK dengan tingkat kepadatan kecoak diatas kapal di pelabuhan penyeberangan Ketapang – Gilimanuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 153/07 Ira s
Uncontrolled Keywords: HEALTH BEHAVIOR; SHIPMAN FAMILY
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA604-618 Parks, public baths, public carriers, buildings, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
Sony Irawan, 100531857UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMukono, Prof. Dr. H.J.,dr., M.S., M.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 01 Apr 2009 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 20:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23410
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item