UPAYA MEMPERCEPAT WAKTU PENGIRIMAN STATUS PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT PHC SURABAYA

Fitroh Mahyub Aini J.U.A, NIM. 100431348 (2009) UPAYA MEMPERCEPAT WAKTU PENGIRIMAN STATUS PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT PHC SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-fitrohmahy-10995-fkm184-k.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-fitrohmahy-10323-fkm184-u.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Instalasi Rawat Jalan merupakan unit fungsional yang menangani penerimaan pasien Rumah Sakit, baik yang akan berobat jalan maupun yang akan dirawat inap di Rumah Sakit. Instalasi Rawat Jalan merupakan tempat di mana pelayanan pertamakali diberikan yang mempengaruhi baik buruk pelayanan Rumah Sakit. Kecepatan pengiriman status pasien oleh petugas (helper) ke klinik yang dituju sangat penting dalam proses pelayanan rawat jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun upaya mempercepat waktu pengiriman status pasien rawat jalan di rumah sakit PHC Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional. Jenis datanya adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara pasien klinik dengan panduan kuesioner dan observasi. Data dianalisis secara descriptive. Hasil penelitian menunjukkan faktor provider meliputi SDM, material dan metode. Jumlah tenaga dan pendidikan sesuai standar, tingkat pengetahuan petugas RM dan helper dalam kategori baik., ketrampilan petugas RM rata-rata terampil sedangkan ketrampilan helper dalam kategori cukup, material dan metode unit RM berupa fasilitas yang dimiliki unit rekam medis sebagian besar sudah mencukupi. Faktor pasien terdiri pengetahuan, pengalaman dan kepatuhan pasien terhadap alur. Tingkat pengetahuan pasien rata-rata kurang, pengalaman rata-rata cukup, kepatuhan pasien terhadap alur rata-rata patuh. Faktor lingkungan terdiri dari jarak, tata letak dan suasana ruang tunggu. Jarak yang terdekat adalah 33 meter yaitu klinik spesialis dan jarak yang terjauh adalah 100 meter yaitu klinik rehabilitasi medis, tata letak unit Rekam Medis rata-rata mudah sedangkan tata letak per klinik yang paling rumit adalah klinik rehabilitasi medik dan klinik bedah, suasana ruang tunggu yang dinilai paling nyaman adalah klinik spesialis,waktu tunggu status sampai di klinik tujuan yang terbanyak adalah > 10 menit. Hasil FGD upaya untuk mempercepat waktu pengiriman status pasien rawat jalan di RS PHC Surabaya adalah pemantauan pelaksanaan cheklist untuk keluar kembalinya status rekam medis. protap dipasang pada tempat yang strategis, adanya pembagian job disciption yang jelas untuk helper, penataan ulang ruang rekam medis, pemberian informasi keterlambatan pengiriman status kepada responden

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 184/08 Fit u
Uncontrolled Keywords: MEDICAL RECORDS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
Fitroh Mahyub Aini J.U.A, NIM. 100431348UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRatna Dwi Wulandari., S.KM, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 16 Oct 2009 12:00
Last Modified: 06 Sep 2016 04:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23416
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item