RISK ASSESSMENT PENGOPERASIAN (START UP) BOILER DI PT LOTUS INDAH TEXTILE INDUSTRIES

SIGMAWATI MAHARINI, 101011368 (2013) RISK ASSESSMENT PENGOPERASIAN (START UP) BOILER DI PT LOTUS INDAH TEXTILE INDUSTRIES. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-maharinisi-24979-7.abstr-k.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri tekstil memerlukan steam yang dihasilkan boiler untuk proses pewarnaan kain dan benang. Pengoperasian (start up) boiler memiliki potensi bahaya fisik dan bahaya kimia. Tujuan penelitian adalah melakukan risk assessment pengoperasian (start up) boiler di PT Lotus Indah Textile Industries. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan cross sectional. Observasi dilakukan terhadap sumber bahaya, proses produksi, dan upaya pengendalian. Wawancara dilakukan kepada pekerja unit boiler dan unit K3. Variabel penelitian adalah identifikasi bahaya, analisis risiko, pengendalian risiko dan residual risk yang terdapat pada pengoperasian (start up) boiler. Bahaya pengoperasian (start up) boiler adalah bahaya fisik meliputi penerangan, suhu panas, terjepit, terjatuh dan terbentur dan bahaya kimia meliputi gas CO, kekurangan oksigen dalam boiler dan bahan kimia yang digunakan pengoperasian boiler yaitu perochem tan b 5 in 1, perochem t 42 dan gas LNG. Hasil analisis risiko pengoperasian (start up) boiler didapatkan 3 kategori high risk, 14 kategori medium risk dan 1 kategori low risk. Pengendalian risiko terdapat 17 kategori low control dan 2 kategori medium control. Residual risk terdapat 10 nilai yang masih lebih dari 1. Saran, perusahaan melakukan pengukuran gas CO dan kadar oksigen. Material Safety Data Sheet (MSDS) diletakkan di tempat dekat bahan kimia, yang mudah terlihat dan dibaca oleh semua pekerja. Meningkatkan kesadaran pekerja terhadap pemakaian APD dan selalu membiasakan bekerja secara aman. Perusahan melakukan pengendalian teknik seperti memasang gas detector, pemasangan barier pada boiler agar mengurangi panas, mengisolasi kabel yang terkelupas dan memberikan ruangan khusus untuk petugas unit boiler.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 244 /12 Mah r
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
SIGMAWATI MAHARINI, 101011368UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Denny Ardyanto W., Dr. , Ir., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 27 Jun 2013 12:00
Last Modified: 22 Sep 2016 08:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23424
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item