ENTREPRENEURIAL LEADERSHIP, RELATIONSHIP MARKETING ORIENTATION DAN KINERJA BISNIS PADA USAHA MENENGAH DI JAWA TIMUR

PRAMESHINTA HAYUNING TYAS, 040418730 (2009) ENTREPRENEURIAL LEADERSHIP, RELATIONSHIP MARKETING ORIENTATION DAN KINERJA BISNIS PADA USAHA MENENGAH DI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-hayuningty-11719-b13409-k.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-hayuningty-10612-b13409.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah dalam beberapa tahun terakhir ini disebut-sebut sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia. Peran UKM sebagai pendorong laju pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja dianggap sebagai penyelamat dari pengangguran dan kemiskinan di Indonesia. Terutama usaha menengah yang memperlihatkan peran sertanya dalam pembangunan perekonomian daerah, serta memegang peranan penting dalam proses pemulihan perekonomian Indonesia. Entrepreneurial leadership merupakan gaya kepemimpinan yang berjiwa kewirausahaan, dimana kemampuan dan karakteristik pemimpin tersebut yang akan mempengaruhi pilihan serta mengimplementasikan strategi bisnis untuk mencapai suatu kinerja bisnis yang optimal. Salah satu strategi bisnis yang dapat meningkatkan kinerja bisnis adalah relationship marketing orientation. Suatu strategi bisnis yang berorientasi pada pelanggan yang bertujuan untuk membina hubungan jangka panjang. Selain itu, dapat membangun hubungan yang kuat antara perusahaan dan pelanggannya yang akan membantu perusahaan untuk meningkatkan loyalitas dan komitmen terhadap perusahaan.Penelitian ini menitikberatkan pada entrepreneurial leadership pada penerapan strategi relationship marketing orientation untuk meningkatkan kinerja bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran entrepreneurial leadership pada penentuan strategi dan peningkatan kinerja bisnis. Di samping itu, juga menguji peran strategi relationship marketing orientation dalam meningkatkan kinerja bisnis pada usaha menengah di Jawa Timur. Hasil yang didapatkan pada penelitian dilihat dari regression weight path analysis, dapat dijelaskan bahwa terdapat pengaruh langsung secara signifikan pada entrepreneurial leadership terhadap kinerja bisnis. Dan juga terdapat pengaruh pada entrepreneurial leadership terhadap kinerja bisnis melalui relationship marketing orientation. Dimana besarnya nilai pengaruh langsung lebih besar jika dibandingkan dengan pengaruh tidak langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 134 / 09 Hay e
Uncontrolled Keywords: entrepreneurial leadership, relationship marketing orientation, kinerja bisnis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2340.8-2346.5 Small and medium-sized businesses, artisans,handicrafts, trades
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Creators:
CreatorsEmail
PRAMESHINTA HAYUNING TYAS, 040418730UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Poernomowati, Dra. EcUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 23 Apr 2010 12:00
Last Modified: 28 Sep 2016 01:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2343
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item