PERHITUNGAN UNIT COST SEBAGAI DASAR RASIONALISASI TARIF PASIEN UMUM (Studi Kasus di PLK-UA dengan Menggunakan Metode Activity Based Costing)

MOKHAMAD ZAKARIYA, 101011316 (2012) PERHITUNGAN UNIT COST SEBAGAI DASAR RASIONALISASI TARIF PASIEN UMUM (Studi Kasus di PLK-UA dengan Menggunakan Metode Activity Based Costing). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di era globalisasi biaya pelayanan kesehatan terus mengalami peningkatan yang mendorong PLK-UA untuk menghitung secara nyata berapa biaya pelayanan yang dibutuhkan. Perhitungan unit cost akan menjadi dasar yang kuat dalam penyusunan tarif tarif pelayanan bagi masyarakat umum. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan desain kuantitatif, sifat data observasional dan termasuk dalam penelitian cross sectional, sedangkan perhitungan dan kalkulasi biaya dilakukan melalui analisis biaya dengan metode activity based costing. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode perhitungan activity based costing diketahui bahwa jumlah pasien yang melakukan Pemeriksaan Umum/Konsultasi di Poli Umum PLK-UA tahun 2011 sebanyak 13.020 pasien dengan besar unit cost Rp. 20.929, dan untuk pasien rawat luka kecil sebanyak 285 pasien dengan besar unit cost Rp. 34.863. Sedangkan jumlah pasien yang melakukan Pemeriksaan Gigi Umum/Konsultasi di Poli Gigi PLKUA tahun 2011 sebanyak 4.519 pasien dengan besar unit cost Rp. 20.801, dan untuk pasien Periodontia Scalling per rahang sebanyak 1.756 pasien dengan besar unit cost Rp. 41.872. Berdasarkan unit cost yang telah dihitung maka dilakukan perhitungan tarif dengan cost based pricing strategy dengan besaran tarif yang direkomendasikan adalah tarif dengan dasar unit cost. Untuk efisiensi dan produktivitas, manajemen dapat menggunakan perhitungan biaya satuan dengan metode activity based costing untuk melakukan activity based management, dan menggunakan unit cost dan tarif pesaing sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan tarif di PLK-UA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 216 / 12 Zak p
Uncontrolled Keywords: ACTIVITY BASED COSTING
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
MOKHAMAD ZAKARIYA, 101011316UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorThinni Nurul R, ., Dra.Ec., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 17 Dec 2012 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 10:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23440
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item