HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK DENGAN PERILAKU SEKSUAL BERISIKO TERJADINYA PENULARAN HIV & AIDS PADA GAY (Study di LSM GAYa NUSANTARA Surabaya)

INDRA KARTIKA APRILIANTI, 101011363 (2013) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK DENGAN PERILAKU SEKSUAL BERISIKO TERJADINYA PENULARAN HIV & AIDS PADA GAY (Study di LSM GAYa NUSANTARA Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

perilaku seksual seseorang. Perilaku Seksual seseorang juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lingkungan, baik lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi dan politik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik (umur dan pendidikan) dengan perilaku seksual yang berisiko terjadinya penularan HIV & AIDS pada Gay jangkauan LSM GAYa NUSANTARA Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian Observasional yang bersifat Analitik yang dilakukan secara cross sectional, dengan variabel independen umur dan pendidikan serta variabel dependent perilaku seksual berisiko, hubungan karakteristik (umur dan pendidikan) dengan perilaku seksual yang berisiko terjadinya penularan HIV & AIDS dianalisis dengan uji statistik Chi-Square. Hasil uji statistik penelitian menunjukkan bahwa nilai 32,465 dengan tingkat signifikansi 0,000 berarti HO ditolak yang menunjukkan ada hubungan antara usia responden dengan perilaku seksual berisiko terhadap penularan HIV & AIDS. Besar keterkaitan Contingency Coefficient adalah 0,509. Sedangkan untuk uji statistik menunjukkan bahwa nilai p=0,047 dimana p<α=0,05 untuk Pearson chi-square memiliki nilai 6,097 dengan tingkat signifikansi 0,000 berarti HO ditolak yang menunjukkan ada hubungan antara tingkat pendidikan responden dengan perilaku seksual berisiko terhadap penularan HIV & AIDS. Besar keterkaitan Contingency Coefficient adalah 0,248. Kesimpulannya bahwa usia responden terbanyak adalah 20-35 tahun dengan tingkat pendidikan SMA-PT. Dari 93 responden yang berisiko terjadinya penularan HIV & AIDS adalah kelompok umur 20-35 tahun dengan prosentase 76%, ada hubungan antara umur dan pendidikan dengan perilaku seksual yang berisiko terjadinya penularan HIV dan AIDS. Umur seseorang akan mempengaruhi tingkat perilaku dalam perkembangan seseorang sedangkan tingkat pendidikan dapat mempengaruhi pengetahuan seseorang mengenai upaya pencegahan terhadap suatu penyakit akibat hubungan seks yang tidak aman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FKM 257 12 Apr h
Uncontrolled Keywords: HIV, AIDS, Homosexual
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
INDRA KARTIKA APRILIANTI, 101011363UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPrijono Satyabakti, dr., M.S., M.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 16 Jul 2013 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 08:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23444
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item