FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PENDERITA KUSTA DALAM MENGHADAPI PENGOBATAN PENYAKIT KUSTA DI RUMAH SAKIT KUSTA KEDIRI

BAMBANG PURNOMO AJI, 100810095 (2013) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PENDERITA KUSTA DALAM MENGHADAPI PENGOBATAN PENYAKIT KUSTA DI RUMAH SAKIT KUSTA KEDIRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini masih sering ditemukan kasus kusta terutama di negara-negara yang sedang berkembang. Menurut data WHO tahun 2007, Indonesia menempati urutan ke-3 dari 10 negara yang terbanyak dalam penemuan kasus baru kusta. Kurangnya informasi tentang penyakit kusta mengakibatkan stigma negatif terhadap penderita kusta sehingga penderita kusta dikucilkan dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan penderita kusta dalam menghadapi pengobatan penyakit kusta di Rumah Sakit Kusta Kediri. Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Besar sampel minimal ditentukan dengan rumus cross sectional menurut Lameshow dalam Murti (2007). Sampel penelitian adalah 34 orang pasien penderita kusta di Rumah Sakit Kusta Kediri diambil dengan teknik Accidental Sampling. Variabel terikat dalam penelitian adalah tingkat kecemasan penderita penyakit kusta (normal, ringan, sedang, berat). Variabel bebas adalah umur, tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan dan dukungan keluarga. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan uji Korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan kekuatan hubungan umur dengan tingkat kecemasan sebesar 0,632, tingkat pendidikan dengan tingkat kecemasan sebesar -0,867, dan tingkat pengetahuan dengan tingkat kecemasan sebesar 0,947. Sedangkan untuk dukungan keluarga tidak bisa dikatakan variabel karena seluruh responden penelitian mendapatkan dukungan dari keluarga mereka. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan penderita kusta dalam menghadapi pengobatan penyakit kusta adalah umur, tingkat pendidikan dan tingkat pengetahuan. Disarankan adanya dukungan emosional dan informasi yang lengkap tentang kusta dari tenaga medis maupun paramedis agar tingkat kecemasan penderita kusta dapat diturunkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FKM 262 12 Aji f
Uncontrolled Keywords: leprosy
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
R Medicine > RL Dermatology
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
BAMBANG PURNOMO AJI, 100810095UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLucia Yovita Hendrati, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 22 Jul 2013 12:00
Last Modified: 24 Sep 2016 02:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23449
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item