PERBEDAAN KEPADATAN LALAT PADA BERBAGAI WARNA FLY GRILL (Studi di TPS Pasar Beras Bendul Merisi, Surabaya)

DEWI NUR JANNAH, 100110890 (2006) PERBEDAAN KEPADATAN LALAT PADA BERBAGAI WARNA FLY GRILL (Studi di TPS Pasar Beras Bendul Merisi, Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-jannahdewi-1323-fkm030-k.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-jannahdewi-1323-fkm0306.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lalat adalah serangga yang termasuk orde Diphtera yang dapat bertindak sebagai vektor mekanis dari suatu penyakit, umumnya penyakit perut atau gastro enteritis. Lalat, seperti serangga pada umumnya, mempunyai kepekaan (sensitivitas) terhadap perbedaan panjang gelombang cahaya (warna). Tetapi, tidak semua warna dapat dikenali dan disenangi oleh lalat karena lalat peka terhadap warna tertentu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepadatan lalat pada berbagai warna fly grill sehingga kita dapat mengetahui warna yang disenangi dan yang tidak disenangi oleh lalat. Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan posttest only control group design. Penelitian dilakukan di TPS Pasar Beras Bendul Merisi, Surabaya selama 10 hari. Pada titik yang ditentukan diadakan pengukuran kepadatan lalat sebanyak 10 kali dan 5 pengukuran tertinggi dirata-rata. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji ANOVA dengan derajat kesalahan (α) sebesar 0,05. Fly grill yang digunakan dicat berwarna putih, biru, kuning, merah, hitam, dan hijau serta fly grill yang tidak dicat. Dari perhitungan uji ANOVA, didapatkan hasil p=0,000 (p<α) yang berarti bahwa ada minimal sepasang warna fly grill yang berbeda secara signifikan terhadap jumlah lalat yang hinggap. Rata-rata kepadatan lalat, dari yang terendah sampai yang tertinggi adalah sebagai berikut: fly grill warna biru, hitam, merah, putih, hijau, kuning, dan fly grill yang tidak dicat. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah lalat tidak suka dengan warna biru, hitam, dan merah. Sedangkan, warna yang disukai lalat adalah warna alami kayu (kayu yang tidak dicat) dan warna kuning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 03/06 Jan p
Uncontrolled Keywords: FLIES-CONTROL
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA440-440.87 Study and teaching. Research
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DEWI NUR JANNAH, 100110890UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSoedjadji Keman, dr., M.S., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 20 Jun 2006 12:00
Last Modified: 27 Oct 2016 19:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23451
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item