PENGARUH PEMAHAMAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN HIGIENITAS MENSTRUASI (Sebuah Studi Pada Siswi Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Kertosono Yang Telah Mengalami Menarche)

Yupita Widyaningsih, 100331260 (2006) PENGARUH PEMAHAMAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN HIGIENITAS MENSTRUASI (Sebuah Studi Pada Siswi Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Kertosono Yang Telah Mengalami Menarche). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-widyanings-1742-fkm270-k.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-widyanings-1742-fkm.2706.pdf

Download (483kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan kesehatan reproduksi remaja saat ini masih menjadi masalah yang perlu mendapat perhatian. Kesehatan reproduksi remaja tidak hanya masalah seksual saja tetapi juga menyangkut segala aspek tentang organ reproduksinya. Terutama untuk remaja putri yang nantinya menjadi seorang wanita yang bertanggung jawab terhadap keturunannya, menjaga higienitas pada saat menstruasi sangat perlu untuk menghindari penyakit infeksi yang nantinya dapat sangat merugikan. Pemahaman tentang menstruasi sangat diperlukan untuk dapat mendorong remaja yang mengalami menarche untuk menjaga higinitas pada saat menstruasi. Penelitian ini ingin melihat apakah ada hubungan antara pemahaman tentang menstruasi dengan praktek higinitas pada saat menstruasi. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan cross sectional dengan pendekatan survey dan menggunakan data kualitatif. Data diambil dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 42 orang siswa sekolah dasar yang telah mengalami menarche. Subyek penelitian ditarik menggunakan cluster random sampling untuk memilih sekolah dan siswi yang telah mengalami menarche diambil seluruhnya sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pemahaman remaja tentang menstruasi dengan higinitas menstruasi. Ini dibuktikan juga dengan hasil analisis menggunakan rumus chi- square, didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan antara pemahaman tentang menstruasi dengan praktek remaja dalam menjaga higienitas menstruasi dengan nilai p= 0,031 (p<0,05). Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa higinitas menstruasi dapat dijaga bila remaja tersebut paham tentang apa sebenarnya menstruasi tersebut dan mengerti apa pentingnya menjaga kebersihan pada saat menstruasi. Adapun saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah untuk orang tua berikanlah pendidikan kesehatan reproduksi sedini mungkin agar remaja dapat bertanggungjawab terhadap kesehatan reproduksinya. Sedangkan bagi remaja sendiri menjaga higienitas sangat diperlukan agar nantinya dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit infeksi pada organ reproduksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.27/06 Wid p
Uncontrolled Keywords: Adolescent, Menarche
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Yupita Widyaningsih, 100331260UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorH. Kuntoro, dr., M.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 24 Aug 2006 12:00
Last Modified: 27 Oct 2016 21:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23462
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item